Dikbud Sulawesi Tenggara Optimalkan Peningkatan Fasilitas Pendidikan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 15 Desember 2023
0 dilihat
Dikbud Sulawesi Tenggara Optimalkan Peningkatan Fasilitas Pendidikan
Suasana belajar mengajar siswa dalam kelas. Foto: Dok. Telisik

" Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara terus berupaya keras dengan fokus pada peningkatan fasilitas pendidikan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara terus berupaya keras dengan fokus pada peningkatan fasilitas pendidikan.

Upaya ini merupakan bagian dari strategi Dikbud Sulawesi Tenggara untuk memberikan lingkungan belajar yang optimal bagi siswa dan pendidik. Salah satunya adalah dengan menetapkan alokasi anggaran untuk pembangunan ruang guru di SMAN 5 Kendari pada tahun 2024 mendatang.

Kepala Dinas Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin, telah melakukan peninjauan langsung terhadap sarana dan prasarana di SMAN 5 Kendari. Berdasarkan hasil pantauannya, kondisi gedung ruang guru di sekolah tersebut sangat memprihatinkan karena sudah tua dan menimbulkan potensi risiko bagi siswa dan guru.

Baca Juga: Edukasi Berkualitas, Langkah Positif SMA dalam Rangka Peningkatan Pendidikan di Sulawesi Tenggara

Ia mengaku telah menyampaikan kebijakan ini kepada staf, dengan harapan pembangunan dapat direncanakan dan dimulai pada awal tahun 2024. Pembaruan fasilitas ini menjadi prioritas untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi guru dan peserta didik.

Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

"Saya sudah lihat (kondisi gedung). Saya sudah sampaikan ke staf, mudah-mudahan (pembangunan) kita rencanakan awal tahun (2024). Asetnya kan sudah dihapus, kalau sudah dihapus bisa kita robohkan dan bangun yang baru," ujar Yusmin.

Langkah ini merupakan komitmen Dikbud Sulawesi Tenggara dalam memperbaiki infrastruktur pendidikan guna memberikan pengalaman belajar yang optimal bagi seluruh warga sekolah. Harapannya, pembangunan ruang guru baru akan menjadi investasi jangka panjang untuk masa depan pendidikan di SMAN 5 Kendari.

Pembangunan sarana pendidikan ini bukan hanya di satu titik, tapi juga di berbagai sekolah lainnya seperti membangun ruang kelas baru di SMAN 12 Kendari. Selain itu, Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Tenggara itu juga bakal menyiapkan anggaran untuk mendukung Teacher Learning Center (TLC) untuk mempercepat peningkatan kualitas pendidikan, khususnya dalam membina guru-guru agar lebih berkompeten.

Kepala Dinas Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin, saat diwawancarai terkait peningkatan kualitas pendidikan. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

 

“Kita juga siap anggarkan untuk (perbaikan) kantor TLC ini,” katanya saat mengikuti seminar TLC di SMAN 1 Kendari.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara akan Gelar Pelatihan Guru Produktif SMK

Sebelumnya, Kepala SMAN 5 Kendari, Sofyan Masulili, mengungkapkan keprihatinannya terkait kondisi sarana prasarana (sarpras) di sekolahnya. Dengan berdiri sejak tahun 1986, sekolah ini belum memiliki ruang guru yang memadai.

Kehadiran ruang guru ini, kata dia, nantinya akan semakin membantu pihaknya dalam berkordinasi terkait pelaksanaan tugas tenaga pendidik. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga