Cara Sehat Konsumsi Kepiting Tanpa Khawatir Kolesterol

Wa Ode Umratul Khazanah

Reporter

Kamis, 02 Desember 2021  /  10:27 pm

Ilustrasi sajian kepiting. Foto: Repro halodoc.com

KENDARI, TELISIK.ID - Meski dikenal mengandung banyak kolesterol, ternyata kepiting mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan, jika dikonsumsi dengan cara yang baik.

Dikutip dari hellosehat.com, kadar kolesterol dalam daging kepiting relatif lebih rendah dibandingkan udang. Dalam 100 gram daging kepiting, terdapat kandungan kolesterol sebanyak 55-59 miligram.

Hanya saja, kepiting ternyata secara alami juga mengandung natrium yang tinggi. Zat ini sangat berpengaruh dan bisa memicu naik tekanan darah alias hipertensi.

Meski daging kepiting boleh dikonsumsi hingga 4 kali dalam satu minggu, tetapi harus mewaspadai kandungan natrium yang cukup tinggi. Bagi orang yang memiliki faktor risiko hipertensi, ada baiknya untuk mengurangi takaran konsumsi sajian laut yang satu ini.

Untuk bisa mengkonsumsi kepiting tanpa harus khawatir kolesterol, USDA merekomendasikan untuk mengkonsumsi hidangan laut ini lebih aman jika dilakukan sesuai takaran, yaitu sekitar 8 ons dalam satu minggu atau 226 gram dalam seminggu.

Selain porsi, teknik mengolah kepiting juga mempengaruhi jumlah kolesterol yang dihasilkan. Kepiting yang digoreng akan menghasilkan banyak lemak trans yang juga memicu naiknya kadar kolesterol.

Baca Juga: Ingin Buat Sambal Cumi Tahan hingga Satu Bulan? Berikut Caranya

Ada banyak cara sehat dalam mengolah kepiting. Diantaranya dengan memanggang, merebus, atau menumis dengan sedikit minyak.

Tak hanya itu, dilansir dari halodoc.com naiknya kadar kolesterol dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Diantaranya dengan tidak merokok, menjauhi minuman beralkohol, dan menurunkan olahraga minimal 30 menit dalam sehari.

Baca Juga: Yuk Coba, 5 Teh Ini Dipercaya Dapat Redakan Stres dan Lelah

Selain itu, perlu ada keseimbangan asupan nutrisi dengan rutin mengkonsumsi vitamin dan suplemen tambahan untuk menjaga kebugaran tubuh. (C)

Reporter: Wa Ode Umratul Khazanah

Editor: Fitrah Nugraha