Cerita di Balik Paskibra Kota Kendari dari Kerasnya Latihan hingga Sukses Kibarkan Merah Putih

Siti Nabila

Reporter

Sabtu, 17 Agustus 2024  /  3:12 pm

Paskibraka Kota Kendari pada saat upacara peringatan HUT ke-79 RI. Foto: Ist.

KENDARI, TELISIK.ID - Aksi Pasukan Pengibar Bendera, atau Paskibraka selalu menjadi pusat perhatian di setiap upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI. Sebab, menjadi anggota Paskibraka dianggap sebuah prestasi yang bergengsi, sekaligus membanggakan bagi para pelajar SMA/SMK.

Terlebih lagi jika mereka berhasil menjadi bagian dari anggota Paskibraka yang bertugas baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Kegigihan mereka saat berlatih untuk bisa tampil selaras saat berbaris dan mengibarkan sang saka merah putih, memang inspiratif.

Seperti yang dilakukan oleh anggota Paskibraka tingkat Kota Kendari. Paskibraka yang terdiri dari para siswa/siswi pilihan dari SMA/SMK se-Kota Kendari, yang telah melalui seleksi secara ketat ini sukses menjadi pengibar bendera merah putih saat upacara peringatan HUT ke-79 RI. Ini tentu membuat Pemerintah Kota Kendari mengapresiasi para anggota dan pelatih Paskibraka.

Dalam perjalanan selama latihan, selain bentuk latihan melibatkan fisik, latihan juga melibatkan pembinaan karakter dan pengembangan keterampilan kepemimpinan, kedisiplinan, dan kerjasama tim.

Hal ini disampaikan pelatih Paskibra Kota Kendari, Sertu La Edi. Dia menuturkan, melalui latihan ini, para anggota Paskibraka belajar tentang arti pentingnya tanggung jawab, disiplin, dan kerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

Baca Juga: Ini Profil Pembawa Baki Upacara HUT ke-79 RI Kota Kendari

"Terkait latihan berlangsung aman dan lancar hanya saja di awal latihan ada beberapa yang kurang vit karena belum terbiasa dengan latihan fisik," tuturnya.

Sementara itu Purna Paskibraka Kota Kendari, La Ode Muhammad Rajab, mengaku bangga atas kerja keras yang telah dilakukan oleh para Paskibra tahun ini.

Baca Juga: Paskibraka Provinsi Sulawesi Tenggara untuk Pertama Kalinya Kibarkan Duplikat Bendera Merah Putih dari BPIP

Ditanya terkait pemenuhan gizi bagi anggota Paskibraka, dia menyampaikan, setiap anggota diberi makan tiga kali sehari.

Seorang anggota Paskibraka, Syafira Arumi Liantika mengutarakan kebanggaannya menjadi anggota Paskibraka di tingkat Kota Kendari dengan posisi pembawa baki. Ditanya soal kendala dirinya mengaku saat latihan terkadang merasa khawatir menaiki tangga dan menuruni tangga saat prosesi penerimaan bendera merah putih.

"Kesulitan pada saat latihan naik tangga kadang takut salah injak atau takut terpeleset," ungkap Syafira. (A)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS