Paskibraka Provinsi Sulawesi Tenggara untuk Pertama Kalinya Kibarkan Duplikat Bendera Merah Putih dari BPIP

Nur Fauzia, telisik indonesia
Sabtu, 17 Agustus 2024
0 dilihat
Paskibraka Provinsi Sulawesi Tenggara untuk Pertama Kalinya Kibarkan Duplikat Bendera Merah Putih dari BPIP
Upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia di kantor Gubernur Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka Provinsi Sulawesi Tenggara sukses dilaksanakan, dalam upacara yang digelar di halaman kantor Gubernur Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sulawesi Tenggara sukses dilaksanakan, dalam upacara yang digelar di halaman kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Sabtu (17/8/2024).

Upacara dipimpin oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, yang diikuti oleh seluruh ASN lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, TNI, Polri dan Basarnas.

Letkol Infanteri Choky Gunawan, Komandan Batalyon Infanteri 725 Woroagi bertugas sebagai komandan upacara dan Mayor Infanteri Kislam, Kasiops Korem 413 Haluoleo, bertugas sebagai Perwira Upacara.

Adapun pembawa baki pada pengibaran bendera  pagi ini, yaitu Keysha Alifa Sadaoda siswi SMAN 4 Kendari anak dari pasangan Peltu Imamuddin Sadaoda, S. Ap dan Emilia, SH.

Sementara itu, yang bertugas sebagai pembentang bendera yaitu Ahmad Amar Ferdiansyah siswa SMKN 2 Baubau dan yang bertugas sebagai penarik bendera yaitu Muh. Ikmal siswa SMAN 1 Wawonii.

Baca Juga: Profil Muhammad Adam Septia Keulana, Komandan Kompi Paskibraka di IKN

Usai upacara, Andap menyampaikan, bendera yang dikibarkan di Provinsi Sulawesi Tenggara tahun ini merupakan bendera duplikat yang diberikan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kepada seluruh kepala daerah di Indonesia.

"Setelah sekian lama tidak ada duplikasi baru kali ini diberikan kepada kita dan tentu kita kibarkan bendera duplikasi yang diberikan kepada kita, banyak harapan di HUT RI ke-79 ini salah satunya Indonesia semakin maju dan dikenal sebagai negara maju di kancah dunia," jelasnya.

Sementara itu, Keysha, pembawa baki kepada Telisik.id mengaku sangat senang karena latihan yang dilakukan selama beberapa hari ini membuahkan hasil. Ia berharap ke depannya dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat menggapai cita-citanya.

Keysha mengaku ditunjuk menjadi pembawa baki setelah satu minggu latihan bersama anggota Paskibraka yang lain. Dalam penunjukan tidak ada kandidat lain, ia satu-satunya yang ditunjuk untuk jadi pembawa baki pada saat pengibaran bendera.

Di akhir upacara Pj Gubernur memberikan Satya Lencana Karya Satya kepada 17 ASN lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara yang ditetapkan pada tanggal 2 Juli 2024 lalu oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Baca Juga: Bendera Merah Putih 79 Meter Dibentang di Puncak Padang Kuku Buton

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio salah satu penerima Satya Lencana Karya Satya 30 tahun, mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada ASN yang masa pengabdiannya telah sampai 10, 20, dan 30 tahun.

Kata dia, walaupun banyak yang telah mengabdi dengan waktu tersebut, tidak semua ASN dapat diberikan penghargaan dari negara, hanya ASN yang berprestasi dan diusulkan untuk mendapatkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya.

"Atas nama pribadi dan seluruh yang mendapatkan penghargaan saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden RI, Joko Widodo semoga ini dapat menjadi motivasi bagi ASN lain," pungkasnya. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga