Dekat dengan Al-Qur'an akan Mendatangkan Keberkahan

Irawati

Reporter

Selasa, 30 November 2021  /  5:44 pm

Dekat dengan Al-Qur'an akan mendatangkan keberkahan hidup di dunia dan akhirat. Foto: Repro haibunda.com

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam bahasa Arab, barokah atau berkah adalah berkembangnya atau bermakna bertambah sesuatu. Sedangkan, makna berkah dalam Al-Qur’an dan hadis adalah langgengnya kebaikan, kadang bertambah kebaikan, atau bisa kedua-duanya. 

Menurut Imam Al-Ghazali, berkah adalah bertambahnya kebaikan. Sementara para ulama mendefinisikan berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, meliputi berkah secara material dan spiritual, seperti kesehatan, ketenangan, keamanan, harta, usia, dan anak. Jadi, pada intinya berkah adalah langgengnya kebaikan atau bertambahnya kebaikan.

Mengutip dari kumparan.com, menurut bahasa, berkah berasal dari bahasa Arab yang artinya nikmat. Istilah lainnya, dalam bahasa Arab adalah mubarak dan tabaruk.

Berkah atau barokah dalam Al-Qur'an dan sunnah adalah langgengnya kebaikan, kadang pula dapat diartikan dengan bertambahnya kebaikan atau ziyadatul khoir, dan bahkan artinya bisa kedua-duanya.

Menurut Imam Nawawi, asal makna berkah atau barokah ialah kebaikan yang banyak dan abadi.

Para ulama pun menjelaskan bahwa berkah atau barokah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah secara material dan spritual, keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, dan sebagainya.

Contohnya saja, ketika ada seseorang yang melakukan suatu amalan atau pekerjaan, maka ia akan bertambah kebaikannya. Bisa dikatakan bahwa, berkah atau barokah adalah dampak positif dari apa yang dikerjakan. Tentu saja, dampak yang terjadi atas izin dan kuasa Allah SWT.

Baca Juga: Selain Dibenci Langit dan Bumi, Ini Ganjaran bagi Orang Kikir

Berkah atau barokah sebenarnya memiliki makna yang begitu luas. Bahkan, dalam kehidupan sehari-hari pun, semua hal kecil yang dilakukan, dampak positif selalu berasal dari Allah SWT dan tidak terbatas. Seperti, barokahnya makan adalah kenyang dan dapat memberikan energi untuk bisa beraktivitas.

Dalam hal ini, berkah atau barokah bukan hanya perihal cukup dan mencukupi. Tetapi juga, termasuk bertambahnya ketaatan kepada Allah SWT dengan segala keadaan yang ada. Apa pun yang sedang dialami, pasti terdapat berkah atau barokah di dalamnya. Kita jelas tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, tetapi atas izin dan kuasa Allah SWT semua pasti bisa terjadi.

Mengutip dari republika.co.id, keberkahan hidup tak bisa dilepaskan dari berkah Al-Qur'an, karena Al-Qur'an adalah petunjuk pola pikir dan pola sikap manusia agar bisa mencapai kebahagiaan, keselamatan, dan keberkahan. Al-Qur'an juga berisi petunjuk untuk meluruskan setiap perbuatan yang salah, juga membetulkan perilaku manusia yang menyimpang.

Baca Juga: Amalkan 1 Kalimat Ini, Apapun Dosanya Insya Allah Diampuni

Karena itu, umat Islam disunnahkan menghafal, membaca, dan memahami Al-Qur'an serta wajib melaksanakan isi kandungan Al-Qur'an. Sebab, dengannya Allah akan melimpahkan berbagai keberkahan kehidupan bagi seorang Muslim yang dekat dangan Al-Qur'an.

Begitu juga suatu bangsa yang ingin mendapatkan kebahagiaan, kesejahteraan, dan keamanan adalah tatkala masyarakat itu dekat dengan Al-Qur'an serta menerapkan hukum dan aturan Al-Qur'an dalam kehidupan bangsa.

Jika, Al-Qur'an telah menjadi hukum dan kepribadian sebuah negeri, masyarakat itu akan menjadi masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Allah.

Allah berfirman, "Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya." (QS al-A'raaf: 96). (C)

Reporter: Irawati

Editor: Haerani Hambali