Baca Surah Ini Setiap Hari Agar Dijauhkan dari Kemiskinan

Haerani Hambali, telisik indonesia
Jumat, 24 September 2021
0 dilihat
Baca Surah Ini Setiap Hari Agar Dijauhkan dari Kemiskinan
Rutin membaca surah Al Waqiah bisa menjauhkan kita dari kemiskinan. Foto: Repro eleveniablogspot.com

" Bukan hanya sekedar untuk dibaca dan dimengerti artinya, sebagai umat Islam, kita juga harus mengetahui apa saja sebenarnya manfaat surah Al Waqiah apabila kita membacanya dengan rutin "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap surah di dalam Al-Qur'an memiliki keistimewaan tersendiri, termasuk surat Al Waqiah. Keutamaan surah Al Waqiah bahkan begitu luar biasa. Seperti apa?

Surah Al Waqiah adalah surat ke-56 dan berada di dalam juz ke-27. Surah yang terdiri dari 96 ayat ini memiliki arti 'Hari Kiamat' dan menjelaskan bagaimana hari kiamat itu akan terjadi sebagai balasan untuk orang mukmin dan orang kafir.

Dikutip dari Merdeka.com, selain menceritakan hari kiamat, surah Al Waqiah juga menerangkan tentang penciptaan manusia, api dan juga segala jenis tumbuhan. Tak hanya itu surah Al Waqiah juga menerangkan tentang kekuasaan Allah serta akan adanya hari kebangkitan yang memang benar adanya.

Hal ini sesuai hadis yang di dalamnya Rasulullah bersabda, "Barang siapa yang membaca surah al-waqiah setiap harinya maka ia tidak akan ditimpakan kekafiran."

Bukan hanya sekedar untuk dibaca dan dimengerti artinya, sebagai umat Islam, kita juga harus mengetahui apa saja sebenarnya manfaat surah Al Waqiah apabila kita membacanya dengan rutin.

Dilansir dari brilio.net, berikut ini beberapa manfaat surah Al Waqiah apabila kita dapat membaca dengan rutin dan mengamalkan segala ayat-ayat di dalamnya.

Dari sekian banyak fadhilah dari surah Al Waqiah, yang paling banyak terdapat dalam surah ini adalah tentang kekayaan. Akan tetapi, tidak hanya sekadar kekayaan yang akan didapatkan saat membacakan surah Al Waqiah.

Namun juga akan mendapatkan manfaat-manfaat lainnya apabila kita senantiasa membaca dan mengamalkannya setiap hari. Ada pun manfaat-manfaat yang akan didapatkan yaitu sebagai berikut:

1. Dijauhkan dari Kemiskinan

Manfaat surah Al Waqiah jika seorang umat muslim rajin membacanya setiap hari, maka ia akan mendapatkan pahala dan akan dijauhkan dari kemiskinan.

2. Memperoleh Kekayaan dan Rezeki Berlimpah

Jika surah Al Waqiah dibaca sebanyak 14 kali seusai salat Ashar maka orang tersebut akan mendapatkan kekayaan yang berlimpah dan tidak akan ada habisnya. Seperti yang telah dijelaskan dalam hadis yang berbunyi, "Ajarkanlah surah Al-Waqi’ah kepada isteri-isterimu. Karena sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan." (Hadis riwayat Ibnu Ady).

Perbanyak juga sedekah dan amalkan surah ini sekali pada pagi dan petang. Maka Insya Allah seseorang yang membacanya akan memperoleh kekayaan dan rezeki berlimpah.

3. Akan Dikabulkannya Seluruh Hajat yang Berhubungan dengan Rezeki

Jika surah Al Waqiah dibaca sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka Insya Allah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.

4. Mempermudah Sakaratul Maut

Manfaat surah Al Waqiah yang berikutnya adalah dapat mempermudah sakaratul maut. Jika orang yang sedang sakaratul maut dibacakan surah Al Waqiah, maka akan dipermudah ruhnya keluar dari jasad seseorang, sehingga tidak akan merasakan sakaratul maut terlalu lama.

5. Dilindungi dari Adanya Kemudharatan Dunia

Jika surah Al Waqiah ini dibacakan untuk atau oleh wanita dan juga gadis, maka akan berguna untuk melindungi diri dari segala macam kemudaratan dunia sekaligus terhindar juga dari kemiskinan.

6. Tidak akan Ditimpa Kefakiran

Abdullah bin Mas'ud pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang membaca surah Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

7. Merupakan Surah Kekayaan

Manfaat surah Al Waqiah yang berikutnya adalah surah ini merupakan surat kekayaan. Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: "Barangsiapa yang membaca surah Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surah ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dengan membaca surah Al Waqiah setiap hari maka dapat memudahkan seseorang mendapatkan rezeki yang halal, pun nikmat Allah yang terus mengalir.

Baca Juga:  Ini Ciri-Ciri Ada Jin Dalam Tubuh dan Harus Dirukyah

Baca Juga: Doa dan Zikir Agar Dimudahkan Saat Melahirkan

8. Diberikan Syafaat pada Hari Kiamat

Diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah bersabda:

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: "Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surah Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah." (Tsawabul A’mal, hlm 117).

9. Diberikan Ketenangan Jiwa dan Raga oleh Allah

Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: "Barangsiapa yang membaca surah Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama." (Tsawabul A’mal, halaman 117).

10. Mengajarkan Tauhid kepada Umat Muslim

Dalam surah Al Waqiah mengajarkan tentang tauhid yang membuat umat muslim percaya pada Allah dan semakin membuat sesorang yakin jika semuanya sudah diatur dengan baik oleh Allah SWT termasuk dalam urusan rezeki.

Surat Al Waqiah memiliki keistimewaan di sisi Rasulullah SAW. Sebab surat ini membuat Nabi beruban.

Dalam sebuah hadis, Ibnu Abbas RA berkata "Abu Bakar ash-Shiddiq RA berkata kepada Nabi SAW, 'Wahai Rasulullah, engkau telah beruban.' Beliau berkata, 'Aku berubah karena surat Hud, al-Waqiah, al-Mursalat, an-Naba', dan at-Takwir'."

Waktu yang Tepat Membaca Surat Al Waqiah

Dikutip detik.com dari buku 'Aku Yakin Menjadi Kaya (Dilengkapi Do'a dan Zikir) karya Kholidin, cara mengamalkan surah Al Waqiah yang benar yakni dibaca setelah selesai salat Dhuha atau salat malam.

Adapun, surah Al Waqiah dibaca satu kali. Kemudian, pada ayat 89 yang berbunyi

fa rauhuw wa raihaanuw wa jannatu na'iim

Artinya: maka dia memperoleh ketenteraman dan rezeki serta surga (yang penuh) kenikmatan.

dibaca sebanyak 3 kali tanpa nafas dan sejenak diam meminta yang dihajatkan di dalam hati. Lalu, lanjutkan ayat seterusnya sampai selesai.

Kemudian, cara mengamalkan surah Al Waqiah yang lain adalah membaca surat ini tiga kali pada waktu salat Dhuha dan lanjut membaca doa:

Allahumma inni As aluka bihaqqi suuratil Waaqi'ah Wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yusarritahu li katsiirin Bi kholqika Ya Allah Yaa Rabbal 'Aalamiin

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran surat Waqi'ah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezekiku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan mkhluk-Mu, yaAllah, ya robbal 'alamin.

Terakhir, cara mengamalkan surah Al Waqiah yang tepat adalah dibaca setiap malam, paling sedikit satu kali dalam sehari semalam. Dalam riwayat Abdullah bin Mas'ud "Siapa yang membaca surat Waqiah tiap malam, maka tidak akan menimpa kepadanya kemiskinan/kekurangan selamanya." (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga