Dirikan Dapur Umum, Gubernur Khofifah Pastikan Makanan Pengungsi Semeru Terpenuhi

Try Wahyudi Ary Setyawan

Reporter Surabaya

Senin, 06 Desember 2021  /  4:41 pm

Gubernur Khofifah di lokasi pengungsian korban letusan Semeru. Foto: Ist.

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menyambangi Kecamatan Pronojiwo, Lumajang guna memastikan kebutuhan permakanan pengungsi Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru aman tercukupi, Senin (6/12/2021).

Pemprov Jatim melalui Dinas Sosial telah membangun dapur umum sejak hari pertama bencana, baik di Kecamatan Candipuro maupun Pronojiwo.

"Sejak Sabtu (4/12/2021) malam, saya sudah berada di Lumajang untuk memimpin langsung tim Pemprov dan mengoordinasikan semua sinergi sumberdaya untuk percepatan penanganan APG Gunung Semeru. Termasuk memastikan semua yang berkenaan dengan kebutuhan para pengungsi," ungkap Khofifah di Lumajang, Senin (6/12/2021).

Khofifah mengatakan, Pemprov Jatim mendirikan dua titik posko baik kesehatan maupun dapur umum di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro. Setiap harinya masing-masing dapur umum menyiapkan 2500 paket makanan, setiap pagi, siang, dan malam.

Terkait trauma healing bagi para pengungsi, Pemprov Jatim hari ini  juga mengerahkan tim yang bertugas untuk mendampingi pengungsi untuk mengurangi rasa trauma akibat bencana erupsi Gunung Semeru. Tim ini, kata Khofifah, berdampingan dengan tim medis Provinsi Jatim.

"Semua tim trauma healing kami kerahkan khusus untuk mendampingi ibu-ibu, anak-anak, disabilitas dan para lansia. Mereka masuk dalam kategori rentan," imbuhnya.

Baca Juga: Ajak Warga Doa Bersama, Laskar Sholawat Nusantara Kirim Bantuan Korban Semeru

Disinggung soal kerusakan fisik fasilitas umum dan rumah warga akibat terjangan guguran awan panas, Khofifah mengatakan, Pemprov Jatim bersama Pemkab Lumajang dan BNPB tengah melakukan pendataan dan kategorisasi.

Data tersebut menjadi acuan dalam menentukan langkah rekonstruksi, termasuk besaran bantuan yang diperoleh korban erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga: 13 Meninggal Dunia, Ini Daftar Daerah Terdampak Letusan Semeru

"Kerugian materiil dan dampak lainnya dari APG Gunung Semeru masih dalam pendataan," jelas mantan mensos ini. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha