adplus-dvertising

13 Meninggal Dunia, Ini Daftar Daerah Terdampak Letusan Semeru

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 05 Desember 2021
935 dilihat
13 Meninggal Dunia, Ini Daftar Daerah Terdampak Letusan Semeru
Letusan Semeru. Foto: Ist.

" Dari data yang ada, sejumlah desa di Lumajang dan Malang terdampak letusan Gunung Semeru "

SURABAYA, TELISIK.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim mencatat, saat ini ada beberapa daerah di Lumajang dan Malang terdampak letusan Semeru.

Dari data yang masuk sementara, sudah ada 13 orang dilaporkan meninggal dunia.

"Dari informasi di lapangan yang masuk sementara, 13 orang meninggal dunia,” ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Minggu (5/12/2021).


Muhari mengatakan, sebanyak 41 orang yang mengalami luka-luka, khususnya luka bakar, telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal.

Selanjutnya mereka dirujuk ke RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara. Sementara itu, warga luka lainnya ditangani pada beberapa fasilitas kesehatan, yaitu 40 orang dirawat di Puskesmas Pasirian, 7 orang di Puskesmas Candipuro, serta 10 orang lain di Puskesmas Penanggal di antaranya terdapat dua orang ibu hamil.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Warga Berhamburan dan Langit Sore Berubah Gelap Gulita 

Dari data yang ada, sejumlah desa di Lumajang dan Malang terdampak adanya letusan gunung tertinggi di Jawa itu. Daerah-daerah itu antara lain dua kecamatan, antara lain Kecamatan Pronojiwo pada Desa Pronojiwo, Oro-oro Ombo, Sumberurip, serta Dusun Curah Kobokan di Desa Supiturang serta Kecamatan Candipuro pada Dusun Kamarkajang di Desa Sumberwuluh dan Desa Sumbermujur.

Selain itu terdapat delapan kecamatan dan beberapa desa yang terdampak abu vulkanik, meliputi Kecamatan Ampelgading pada Desa Argoyuwono.

Kecamatan Tirtoyudo pada Desa Purwodadi dan Desa Gadungsari.

Kecamatan Pagelaran pada Desa Clumprit.

Baca Juga: Pasokan Listrik Dampak Letusan Semeru, Aman

Kecamatan Wajak pada Desa Bambang.

Kecamatan Kepanjen pada Desa Panggungrejo dan Mojosari.

Kecamatan Dampit pada Kelurahan Dampit. Kecamatan Bantur pada Desa Bantur dan Rejosari dan Kecamatan Turen pada Desa Talok. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga