Fakta Unik Kuda Nil Bisa Terbang saat Berlari Kencang, Kata Para Ilmuwan

Merdiyanto

Content Creator

Minggu, 07 Juli 2024  /  9:23 pm

Peneliti dari Inggris mengungkapkan kuda nil bisa terbang saat berlari kencang. Foto: Repro AFP

KENDARI, TELISIK.ID - Baru-baru ini para peneliti menemukan fakta bahwa Kuda Nil bisa terbang saat berlari dengan kecepatan tinggi di darat.

Fakta tersebut ditemukan oleh dua peneliti dari Pusat Penelitian Hewan Royal Veterinary College (RVC), Inggris. Hasil penelitian itu juga sudah terbit di jurnal PeerJ, dilansir Cnnindonesia.com, Minggu (7/7/2024)

Dalam pernyataan RVC, mengatakan bahwa ini pertama kalinya hewan yang bobotnya bisa mencapai lebih dari 2,2 ton dan suka tinggal di kubangan air itu mampu mengangkat keempat kakinya dari tanah saat bergerak cepat.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menganalisis video yang menunjukkan 169 siklus gerakan dari 32 kuda nil. Peneliti menemukan kuda nil menghabiskan 15 persen langkahnya tak menjejak tanah.

Baca Juga: Fakta Unik Sapi yang Belum Diketahui Banyak Orang

"Kuda nil adalah salah satu dari sedikit hewan berkaki empat yang bisa berlari. Itu adalah temuan yang cukup bagus," kata John Hutchinson, penulis utama studi dan profesor biomekanik evolusioner di RVC.

Video menunjukkan kuda nil bergerak cepat saat ada yang memotivasi mereka seperti mengejar saingannya atau dikejar predator dengan kecepatan mencapai 19 mil per jam.

Peneliti juga menemukan kuda nil hampir secara eksklusif berlari ketika dua anggota badan diagonalnya bergerak ke arah yang sama dalam waktu yang sama. Kemudian, disusul dua anggota badan diagonal lainnya.

Gerakan ini beda dengan mamalia lain seperti kuda yang beralih dari satu kaki ke kaki lain untuk berjalan, berlari kencang.

Hutchinson, menjelaskan kepada The Guardian mengenai tantangan yang dihadapinya dalam mempelajari kuda nil.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Pemakaman Langit di Tibet

“Saya kesulitan menyelesaikan pekerjaan apa pun pada kuda nil sebelumnya karena mereka sangat sulit diakses. Mereka sangat berbahaya, mereka cenderung paling aktif di malam hari, dan menghabiskan banyak waktu di air,” kata Hutchinson dikutip dari Liputan6.com pada Minggu (7/7/2024).

Untuk mengatasi masalah yang dialami, para peneliti melakukan penelitian di tempat perlindungan di Yorkshire Utara, di mana kuda nil memiliki ruang yang cukup untuk meluruskan kaki dan berlari sekencang-kencangnya.

Hutchinson, penemuan ini penting untuk memahami bagaimana pergerakan pada hewan besar telah berevolusi sejak zaman dinosaurus, dan hal ini menjadi bagian penting dalam memahami bagaimana hewan besar bergerak di darat.

Ke depannya, Hutchinson tertarik untuk mengeksplorasi apakah ada perbedaan kemampuan antara jenis dan usia kuda nil, dan dia penasaran apakah bayi kuda nil dapat melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan kuda nil dewasa, yang menurutnya akan sangat menarik. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS