Fakta Unik Sapi yang Belum Diketahui Banyak Orang

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 22 Februari 2024
0 dilihat
Fakta Unik Sapi yang Belum Diketahui Banyak Orang
Sapi termasuk mamalia darat yang tergolong dalam anggota famili Bovidae dan subfamili Bovinae. Sebagai hewan ternak, sapi menghasilkan susu dan daging yang bisa diolah dan bermanfaat bagi manusia. Foto: Kompas.com

" Sapi termasuk mamalia darat yang tergolong dalam anggota famili Bovidae dan subfamili Bovinae. Sebagai hewan ternak, sapi menghasilkan susu dan daging yang bisa diolah dan bermanfaat bagi manusia "

KENDARI, TELISIK.ID - Sapi termasuk mamalia darat yang tergolong dalam anggota famili Bovidae dan subfamili Bovinae. Sebagai hewan ternak, sapi menghasilkan susu dan daging yang bisa diolah dan bermanfaat bagi manusia.

Melansir dari Grid.id, secara umum, sapi dikelompokkan dalam dua kategori, yaitu sapi perah dan potong. Sapi perah khusus dijadikan ternak untuk diambil susunya atau dijual dalam bentuk susu sapi. Sementara sapi potong atau pedaging biasanya djadikan ternak untuk diambil dagingnya dan dikonsumsi manusia.

Namun, tahukah kamu, jika sapi ternyata memiliki 4 lambung, seperti dilansir dari Grid.id dan zenius.net:

Baca Juga: Deretan Hewan dengan Mata Paling Unik di Dunia

1. Sapi miliki beragam nama

Sapi memiliki sebutan khusus untuk setiap jenisnya, seperti "bull", "steer", dan "heifer". Umur sapi bisa diliat dari giginya, seperti sapi muda bisa dilihat dari jumlah gigi seri permanen pada rahang depan bawahnya.

Ada lebih dari 800 jenis sapi yang berbeda di dunia. Sapi bisa mencium segala sesuatu hingga enam mil jauhnya

2. Miliki 4 lambung

Sapi memiliki sistem pencernaan yang kompleks, maka dari itu mereka termasuk jenis ruminansia/poligastrik yang berlambung jamak. Mereka memiliki 4 kompartemen perut, yaitu rumen (perut besar), retikulum (perut jala), omasum (perut buku), dan abomasum (perut sebenarnya).

Rumen berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara makanan yang udah ditelan. Retikulum berfungsi sebagai tempat pencampuran makanan dengan enzim. Omasum berfungsi membantu menghaluskan makanan secara kimiawi. Sedangkan, abomasum berfungsi sebagai perut sebenarnya, karena di sini organ pencernaan ruminansia secara kimiawi bekerja (pepsin dan HCl).

3. Sapi menguyah hingga 8 jam sehari

Sapi bisa mengunyah makanan hingga 8 jam sehari dengan menggerakkan rahangnya sekitar 40.000 kali dalam prosesnya. Sapi sulit melihat benda-benda yang ada di depannya sehingga untuk melihat sesuatu mereka akan menoleh ke samping.Meski bisa tidur berdiri, sapi biasanya menghabiskan waktu sekitar 10 jam untuk berbaring.

Baca Juga: 6 Rekomendasi dengan Konsep Unik Ide Kue Ulang Tahun Anti Mainstream

Perut sapi mampu menampung hingga 50 galon, bahkan jumlahnya setara dengan kebanyakan bak mandi. Sai Berasal dari kepulauan Eropa dan Inggris, sapi dipelihara manusia antara 8.000 dan 10.000 tahun yang lalu.

4. Sapi buta warna parsial

Fakta menarik sapi selanjutnya adalah hewan ini mengalami buta warna parsial. Mereka tidak bisa melihat warna merah/hijau. Wow, ini menarik. Padahal, kalau kita melihat pertunjukan matador, pasti akan mengira bahwa bull sangat membenci warna merah, itulah mengapa bull akan menyerang torero atau orang yang sedang membawa bendera warna merah.

terlihat marah karena gerakan yang dilakukan oleh torero. Gerakan-gerakan yang mendadak tersebut membuat bull tertarik untuk menyerang, jadi bukan karena warnanya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga