7 Buah Langka di Indonesia, Nomor 7 Mirip Kelengkeng

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 02 Agustus 2022
0 dilihat
7 Buah Langka di Indonesia, Nomor 7 Mirip Kelengkeng
Matoa merupakan buah khas asal Papua, buah ini juga menyerupai buah kelengkeng. Umumnya berbuah hanya sekali dalam setahun pada Juli sampai Oktober. Foto: Repro idntimes.com

" Buah-buahan memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai sumber vitamin, mineral dan serat pangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Buah-buahan memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai sumber vitamin, mineral dan serat pangan. Melansir data Kementerian Pertanian, setidaknya ada 25 hingga 35 jenis buah asli Indonesia yang berasal dari berbagai wilayah di Nusantara.

Dari ke 35 jenis tersebut sudah termasuk diantaranya salak, durian dan sebagainya. Namun, ternyata ada beberapa buah yang langka di Indonesia. Berikut ini beberapa buah langka yang rangkum dari liputan6.com dan idntimes.com, yaitu:

1. Buah Buni

Buah Buni ini adalah buah asli Indonesia yang mirip dengan cranberry atau anggur dengan warna kekuningan dan merah kehitaman. Tekstur dari buah ini sangat berair dan biasanya dijadikan rujak buah dan selai. Buah buni memiliki nama sebutan yang berbeda-beda, seperti di Sunda buah ini disebut buah Huni dan di Jawa disebut buah Wuni.

2. Buah lobi-lobi

Hampir sama bentuknya dengan Buah Buni, Buah Lobi-Lobi ini memiliki warna merah tua hingga ungu kehitaman. Rasanya kadang masam dan ada juga yang manis atau sepat. Buah ini sedikit mengandung air dan enak dijadikan rujak, selai, manisan, atau dimasak dengan gula untuk diminum sebagai sirup. Buah ini biasanya tumbuh di dekat danau-danau tropis, seperti di daerah Sumatera.

3. Buah manau

Manau merupakan buah dari pohon rotan yang tumbuh di sekitar Bangka, Belitung, Kalimantan. Sekilas tampak seperti buah salak karena bersisik, tetapi ukurannya lebih kecil dan berbentuk oval.

Baca Juga: 11 Buah Unik di Dunia, Nomor 7 Mirip Manggis

Rasa buah manau tidak begitu manis dan membuat lidah bergetar karena cenderung pahit sepat. Biasanya manau diolah menjadi asinan. 

4. Kesemek

Kesemek yang berasal dari Jepang dan Tiongkok juga mulai sulit ditemukan di Indonesia. Buah ini sangat lezat jika dimakan dalam keadaan matang. Kesemek mentah memiliki rasa “sepat.”

Buah kesemek merupakan salah satu buah berwarna oranye yang kaya nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Kesemek dapat mencegah kanker. Selain itu, kandungan vitamin A yang tinggi juga membantu melindungi mata. 

5. Buah bisbul

Meski bukan asli dari Indonesia, bisbul sudah cukup lama dikenal dan banyak tumbuh di Bogor. Masyarakat setempat menganggap bisbul sebagai buah khas dari Bogor.

Baca Juga: 11 Hewan Panjang Umur di Dunia

Bisbul masih satu famili dengan buah kesemek. Bedanya bisbul tumbuh di dataran rendah dan berhawa panas. Bisbul sangat baik untuk pencernaan, mencegah anemia, dan sebagainya.

6. Buah kelubi

Buah Kelubi ini mirip dengan buah salak sehingga sering sebut salak rimba. Buah ini memiliki rasa yang sangat asam. Buah ini memiliki nama latin Eleiodoxa conferta ini mengandung banyak vitamin C. Buah ini bisa kamu temui di Lampung, Sumatera Selatan, Riau dan Kalimantan Timur.

7. Matoa

Matoa merupakan buah khas asal Papua. Umumnya berbuah hanya sekali dalam setahun pada Juli sampai Oktober. Rasa manisnya mirip seperti buah kelengkeng dan juga rambutan. Buah matoa berwarna merah keunguan dengan sedikit warna hijau. Bentuknya lonjong seperti sawo. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga