Fakta Unik Mimpi: Orang Buta Juga Mengalaminya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 18 Januari 2023
0 dilihat
Fakta Unik Mimpi: Orang Buta Juga Mengalaminya
Mimpi atau bunga tidur ternyata punya beberapa fakta unik yang diungkap oleh para peneliti: Foto: IDN Times

" Mimpi atau bunga tidur sering kita alami dalam waktu tidur. Mimpi adalah salah satu pengalaman alam bawah sadar kita yang melibatkan penglihatan, pedengaran dan indra lainnya bahkan hingga perasaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Mimpi atau bunga tidur sering kita alami dalam waktu tidur. Mimpi adalah salah satu pengalaman alam bawah sadar kita yang melibatkan penglihatan, pedengaran dan indra lainnya bahkan hingga perasaan.

Mimpi biasanya muncul secara acak, baik itu mimpi yang sedih, senang atau menyeramkan, cerita dalam mimpi tak bisa kita kendalikan, kecuali jika kita sedang dalam keadaan lucid dreaming.

Dikutip dari Liputan6.com dan Idntimes.com, berikut beberapa fakta unik tentang mimpi yang diungkap para peneliti.

Baca Juga: 4 Barang Unik yang Dilelang DJKN: Galon hingga Septictank

1. Kita melupakan 90 persen dari mimpi yang kita alami

Saat terbangun dari mimpi, kita akan lupa jalan cerita mimpi sekitar 50 persen dan 10 menit kemudian 90 persen jalan cerita mimpi juga terlupakan. Kebanyakan mimpi terjadi pada tahap REM (Rapid Eye Movement) pada siklus tidur ketika mata bergerak sementara tubuh tidak bergerak yang menandakan tidur sudah benar-benar nyenyak.

Jika terbangun tepat di saat tahap REM, akan lebih mudah mengingat mimpi. Sebaliknya, jika Anda terbangun pada tahap tidur ringan, maka akan lebih sulit untuk mengingat kembali mimpi itu.

2. Orang yang buta sejak lahir juga mengalami mimpi

Menurut beberapa penelitian bahwa orang buta sebenarnya juga mengalami mimpi saat tidur. Namun, dalam mimpi mereka tidak melihat gambar-gambar melainkan suara, sentuhan dan emosi yang mereka rasakan. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa kemungkinan orang buta memimpikan hal visual namun mereka tak mampu mendeskripsikannya.

Baca Juga: Pasar Bahagia: Pasar Unik Bayar Pakai Doa

3. Pria dan Wanita memiliki mimpi yang berbeda

Laki-laki cenderung bermimpi tentang laki-laki lain, sedangkan perempuan cenderung bermimpi tentang perempuan dan laki-laki dengan seimbang. Selain itu, laki-laki juga lebih sering bermimpi tentang aktivitas fisik, sedangkan perempuan tentang percakapan dan perasaan.

4. Hewan mungkin bermimpi

Banyak yang berpikir bahwa ketika seekor anjing tidur mengibaskan ekornya atau menggerakkan kakinya, ia sedang bermimpi. Meskipun sulit untuk mengatakan dengan pasti apakah ini benar-benar terjadi, para peneliti percaya bahwa kemungkinan hewan memang bermimpi. Sama seperti manusia, hewan melewati tahap tidur yang meliputi siklus tidur REM dan non-REM. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga