Kedih, Primata Nyaris Punah di Indonesia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 07 Januari 2024
0 dilihat
Kedih, Primata Nyaris Punah di Indonesia
Hewan ini merupakan hewan endemik di utara Sumatera, yang habitat alaminya adalah hutan tropis kering atau subtropis, bahkan Kedih hampir terancam punah oleh pengrusakan habitat. Foto: Indonesia.travel

" Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di Asia tenggara, dengan luas dan jumlah pulau terbanyak, sehingga tak heran, Indonesia punya banyak keberagaman destinasi wisata yang tersebar dari Sabang sampai Merauke "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di Asia tenggara, dengan luas dan jumlah pulau terbanyak, sehingga tak heran, Indonesia punya banyak keberagaman destinasi wisata yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Kedih, merupakan satwa yang patut diperhatikan saat ini oleh kalangan pecinta hewan langka, karena mereka merupakan golongan spesies primata yang termasuk dalam famili Cercopithecidae. Sekilas hewan ini serupa dengan monyet, namun

Kedih pertama kali ditemukan di Aceh dan bagian utara Pulau Sumatera yang berada tidak jauh dari Sungai Wampu dan Simpangkiri.

Baca Juga: 6 Hewan Peliharaan Termahal di Dunia, Capai Rp 200 Miliar

Penyebaran Monyet Kedih juga dapat ditemukan di kawasan hutan Aek Nauli sampai Suaka Marga Satwa Rawa Singkil di Nangroe Aceh Darussalam seperti dilansir dari Harianhaluan.com

Menurut data penelitian, penyebaran Kedih yang paling banyak populasinya berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, terutama di Bahorok dan Ketambe.

Hewan ini merupakan hewan endemik di utara Sumatera, yang habitat alaminya adalah hutan tropis kering atau subtropis, bahkan Kedih hampir terancam punah oleh pengrusakan habitat.

Baca Juga: Hewan Mamalia Ini Ternyata Bisa Menstruasi

Bukan cuma zebra atau sapi aja yang punya warna tubuh bernuansa monokrom, sebab salah satu primata endemik asal Sumatra ini juga memiliki bulu hitam putih dengan jambul yang lucu. Nama hewan ini adalah Presbytis thomasi atau yang lebih akrab disebut kedih.

Dilansir dari Indonesia.travel, jumlah kedih terus menurun dan masuk dalam kategori rentan punah di daftar International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).

Namun, bagi Anda yang ingin berjumpa dengan kedih, silakan berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh yang merupakan salah satu habitatnya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga