Jelang Pilkada 2024 Pj Bupati Buton Tekankan Netralisasi ASN dan Kades

Febriyani

Reporter

Selasa, 24 September 2024  /  11:07 am

Penjabat (Pj) Bupati Buton, La Haruna saat memimpin apel pagi. Foto: Ist.

BUTON, TELISIK.ID — Penjabat (Pj) Bupati Buton, La Haruna, menegaskan komitmen Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para kepala desa (kades) di Kabupaten Buton, untuk menjaga netralitas jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“ASN harus netral selama pelaksanaan pilkada,” ujarnya ketika ditemui Selasa (24/9/2024).

Kata dia, dalam rangka menjaga netralitas ASN menjelang Pemilu 2024, ASN tidak diperkenankan menggunakan atribut kampanye, dilarang membuat konten bersama peserta pilkada dan dilarang berfoto dengan peserta pilkada.

Kepala Dinas Perkebunan dan Holtikultura Pemprov Sultra ini menjelaskan bahwa ruang digital makin ketat perkembangannya maka perlu diantisipasi bersama agar Pilkada 2024 berlangsung damai, memberikan ruang kebebasan berpendapat dan memilih dengan cara yang baik.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Stanley Tegaskan ASN Jaga Netralitas Jelang Pilkada 2024

Baca Juga: Jelang Kampanye 25 September 2024, Begini Penerapan Aturan Keterlibatan ASN

“Semua ASN telah saya peringatkan agar menjaga netralitas dan jika ada yang terlibat dengan politik praktis, tidak segan-segan saya akan berikan sanksi kepada yang bersangkutan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegas Haruna.

Ia juga menekankan bahwa jika ada ASN atau kades yang melanggar netralitas, masyarakat dapat melaporkannya kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk diproses sesuai ketentuan yang berlaku.

Tak lupa ia juga mengajak seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Buton. (C)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS