Kapal Kayu Ganti Peran Fery Penyeberangan Kendari-Langara yang Docking

Lukman Nul Hakim

Reporter

Rabu, 11 Januari 2023  /  10:13 pm

Suasana pelabuhan Fery Langara H-2 jelang Docking KMP Bahteramas, Rabu (11/1/2023). Foto: Lukman/Telisik

LANGARA, TELISIK.ID - Mulai Kamis (12/1/2023) besok, KMP Bahteramas atau Fery penyeberangan Kendari-Langara, tidak lagi beroperasi seperti biasanya selama sekitar 20 hari ke depan karena menjalani masa pemeliharaan tahunan (docking).

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Konawe Kepulauan, Israwan Sulpa mengatakan demi melayani penyeberangan Langara-Kendari, pihaknya menyiapkan empat kapal kayu sebagai armada angkutan elternatif, yakni KM Valentine Bahari, KM Fajar Fadillah, KM Abian dan KM Tiga Saudara.

Jadwal keberangkatannya juga sudah ditetapkan, dua kapal trip pertama dari Langara-Kendari yakni KM Valentine Bahari berangkat pukul 09.00 Wita dan KM Fajar Fadillah pukul 08.00 Wita, sedangkan trip kedua dari Kendari pukul 14.00 Wita, KM Abian dan KM Tiga Saudara trip pertama dari Kendari-Langara pukul 08.00 Wita dan pukul 14.00 Wita dari Langara.

Baca Juga: Laka Lantas di Ngada Nusa Tenggara Timur Meningkat

"Tripnya setiap hari untuk melayani penyeberangan Kendari-Langara," jelas Israwan, Rabu (11/1/2023).

Demi memaksimalkan pelayanan penyeberangan Kendari-Langara dan mengantisipasi antrean penumpang yang disebabkan kurangnya armada penyeberangan, Israwan berharap, empat kapal rakyat yang sudah melakukan konfirmasi kesiapan operasi tersebut bisa beroperasi secara maksimal sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

"Kalau empat kapal ini beroperasi sesuai jadwal yang ditetapkan, saya kira bisa melayani arus penyeberangan Kendari-Langara," jelasnya.

Berdasarkan data jumlah tiap satu kali trip KM Bahteramas sekitar 200 penumpang, jadi perbandingannya KM Valentine Bahari kemampuan muatnya sebanyak 150 penumpang, kemudian KM Fajar Fadilah kurang lebih 50 penumpang.

Baca Juga: Pertemuan Bersama Nakes PPPK dan Pemkab Konawe Bahas Ini

"Jadi Kami perkirakan bisa memperlancar arus penyeberangan orang, kecuali pemuatan barang dan kendaraan roda empat itu memang tidak bisa,” jelasnya.

Tempat sama, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Keselamatan Transportasi, Ahmad Nurali memgatakan, terkait izin berlabuh KM Valentine Bahari di Pelabuhan Ferry Kendari-Langara kini telah dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara.

"KM Valentine Bahari ini baru beroperasi dan sempat ditolak untuk berlabuh di pelabuhan Ferry Kendari, tapi saat ini sudah ada surat izin sandar. Insya Allah pelayanan penyeberangan Kendari-Langara di masa transisi docking Ferry tetap lancar," ucapnya. (B)

Penulis: Lukman

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS