KMI Expo XV 2024: Peluang Kembangkan Bisnis Bagi Wirausahawan

Siti Nabila

Reporter

Rabu, 23 Oktober 2024  /  6:38 pm

Penyerahan sertifikat oleh Wakil Rektor (WR) III Universitas Halu Oleo (UHO), Nur Arafah kepada Bryan Erfanda Putra selaku narasumber seminar nasional KMI Expo XV 2024. Foto: Nabila/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID – Pekan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XV 2024, yang merupakan perayaan kewirausahaan mahasiswa terbesar di Indonesia, kembali digelar.

Pekan KMI Expo XV 2024 diawali dengan seminar nasional bertajuk "Intelektual dan Branding untuk Kewirausahaan Berkelanjutan," yang berlangsung di Auditorium Universitas Halu Oleo (UHO) pada Rabu (23/10/2024).

Seminar ini dihadiri oleh peserta KMI Expo serta mahasiswa yang berminat dalam kewirausahaan dan branding.

Koordinator KMI Expo, Fitri Faradillah, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan praktis agar peserta dapat menerapkan konsep-konsep yang diperoleh dalam usaha mereka.

Baca Juga: Sogogi Kendari Buka Loker Satu Posisi, Buruan Daftar

“Fokus kami bukan hanya pada produk, tetapi juga pada bagaimana produk tersebut dapat laku di pasaran. Strategi penjualan juga sangat penting,” ungkap Fitri.

Dalam seminar ini, dua narasumber berkompeten berbagi pengetahuan. Hesti Rosa, CEO Mebiso, menjelaskan pentingnya pendaftaran merek bagi pelaku usaha dan memperkenalkan platform Mebiso sebagai solusi untuk proses permohonan merek secara online.

“Dengan mendaftarkan merek, pemilik mendapatkan hak eksklusif yang melindungi mereka dari peniruan dan penggunaan merek oleh pihak lain, yang dapat merugikan bisnis,” jelasnya.

Hesti juga menekankan bahwa pendaftaran merek harus dipandang sebagai langkah penting dalam strategi bisnis yang berkelanjutan.

Sementara itu, Bryan Erfanda Putra, narasumber lain, menekankan pentingnya pemahaman strategi pemasaran digital untuk meningkatkan jangkauan pasar, sehingga wirausahawan dapat menjangkau audiens yang lebih luas tanpa terbatas oleh geografis.

Baca Juga: DPRD Desak Pembongkaran Pagar Penutup Jalan Warga oleh Swalayan Megros

“Memahami strategi digital marketing adalah kunci bagi wirausahawan untuk bersaing di era digital saat ini,” jelasnya.

Acara ini juga mencakup diskusi panel yang membahas bagaimana brand yang kuat dapat meningkatkan daya saing di pasar. Peserta diberi kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman, serta mengikuti workshop tentang pengembangan merek.

KMI Expo berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan yang mendukung pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia, dengan harapan dapat menginspirasi generasi muda menjadi wirausahawan yang handal dan beretika.

Kegiatan KMI Expo XV 2024 akan berlangsung selama tiga hari, 23 - 25 Oktober 2024. (A)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS