KPU Konawe Utara Pastikan Logistik Aman

Siswanto Azis

Reporter

Kamis, 03 Desember 2020  /  12:54 pm

Ketua KPU Konawe Utara, Syawal Sumarata. Foto: Siswanto Azis/Telisik

KONAWE UTARA, TELISIK.ID - KPU Konawe Utara memastikan, seluruh logistik yang dibutuhkan dalam pelaksanaan Pilkada di Konut aman dan sudah terpenuhi.

Menurut Ketua KPU Konawe Utara, Syawal Sumarata, mulai dari surat suara hingga logistik pendukung di tempat pemungutan suara (TPS), seluruhnya telah terpenuhi dan siap untuk didistribusikan.

“Proses distribusi itu dilakukan satu hari sebelum hari H. Jadi, satu hari sebelum pencoblosan, logistik sudah ada di TPS,” ujarnya Kepada Telisik.id, Rabu (3/12/2020).

Menurut dia, untuk Pilkada tahun 2020 kali ini, KPU Konawe Utara menyiapkan 199 TPS. Logistik nantinya akan dijaga ketat oleh aparat keamanan dari TNI dan Polri hingga para petugas Linmas di kelurahan/desa.

Baca juga: Panwascam Dibekali Cara Pengawasan Pungut Hitung di TPS

“Jadi surat suara ini akan dijaga ketat oleh pihak keamanan, TNI Polri, mulai star dari KPU hingga tiba di TPS dan pulang kembali di KPU Konawe Utara,” jelasnya.

Syawal Sumarata menjelaskan, selain logistik, di masing-masing TPS juga telah disediakan alat pelindung diri dan sarana protokol kesehatan.

Selain itu, di setiap TPS nantinya juga akan dilengkapi dengan alat pengukur suhu atau thermogun, sarung tangan sekali pakai untuk pemilih, fasilitas pencuci tangan, hand sanitizer, face shield untuk petugas, sprayer beserta disinfektan.

“Setiap petugas baik kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) maupun petugas ketertiban TPS dipastikan juga telah melakukan rapid test (tes cepat) sebagai antisipasi pencegahan penularan COVID-19," katanya. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

TOPICS