Panwascam Dibekali Cara Pengawasan Pungut Hitung di TPS

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 03 Desember 2020
0 dilihat
Panwascam Dibekali Cara Pengawasan Pungut Hitung di TPS
Panwascam mengikuti Bimtek pengawasan pemungutan dan perhitungan suara. Foto: Ist.

" Bimtek ini sebagai persiapan jelang pungut hitung dan saya berharap dapat mentransfer pengetahuan kepada pengawas lapangan. "

MUNA, TELISIK.ID - Bawaslu Kabupaten Muna mulai membekali Panwascam terkait pengawasan pemungutan dan perhitungan suara di TPS pada 9 Desember.

"Kita berikan mereka bekal agar tugas dan wewenang pengawas pada masa pungut hitung tidak ada yang terabaikan,” kata Al Abzal Naim, Ketua Bawaslu Muna, Rabu (2/12/2020).

Ia berharap para Panwascam dapat mentransfer ilmu yang didapat pada pengawas lapangan kelurahan/desa. Sehingga nantinya dalam menjalankan fungsi pengawasan tidak kaku.

“Bimtek ini sebagai persiapan jelang pungut hitung dan saya berharap dapat mentransfer pengetahuan kepada pengawas lapangan," ujarnya.

Baca juga: Endang Merasa Sedih Diserang Kampanye Hitam

Sementara itu, Aksar, Kordinator  Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa menyampaikan, pengawasan pungut hitung adalah pengawasan paling tinggi dan merupakan puncak pengawasan dari seluruh tahapan dalam pemilihan serentak 2020.

Banyak potensi pelanggaran yang dapat terjadi. Antara lain, pelanggaran pidana, etika Pemilu juga pelanggaran yang bersifat administrasi ringan atau berat yang penyelesaiannya dapat berujung pada pemungutan suara ulang (PSU).

"Kita berharap semua kerja-kerja terukur sehingga kejadian 2015 yang lalu tidak terulang kembali," pesannya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga