Masyarakat Bungkolo Optimis Darwin - Ali Menang 90 Persen Pilkada Muna Barat 2024

Putri Wulandari

Reporter Muna Barat

Jumat, 18 Oktober 2024  /  8:26 pm

Masyarakat Bungkolo optimis menangkan Paslon Darwin-Ali mencapai 90 persen. Foto: Ist

MUNA BARAT, TELISIK.ID — Masyarakat Desa Bungkolo, Kecamatan Barangka, menunjukkan optimisme tinggi untuk memenangkan pasangan calon (paslon) tunggal La Ode Darwin - Ali Basa dalam Pilkada Kabupaten Muna Barat 2024, dengan target mencapai 90 persen suara.

Optimisme ini terungkap dalam pertemuan tatap muka antara masyarakat dan pasangan Darwin - Ali, di mana sejumlah tokoh masyarakat setempat sepakat untuk mengunggulkan paslon tersebut, terutama karena Ali Basa merupakan putra daerah.

“Kita optimis memenangkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Muna Barat ini mencapai 90 persen,” ungkap La Hafili, tokoh masyarakat sekaligus eks Kepala Desa Bungkolo, Jumat (18/10/2024).

Masyarakat Bungkolo merasa memiliki komitmen bersama untuk mendukung pasangan Darwin - Ali, mengingat tempat kelahiran Ali Basa di kampung mereka.

Baca Juga: Operasi Zebra Anoa Polres Muna Razia Kendaraan Masyarakat dan Personel Polri

Namun, dalam suasana optimisme tersebut, masyarakat juga menyampaikan keluhan terkait pembukaan tempat pembuangan akhir (TPA) yang dekat dengan sumber mata air. Mereka khawatir hal ini akan mencemari lingkungan dan berdampak negatif bagi kesehatan serta kehidupan sehari-hari.

Keluhan lain muncul dari sektor pertanian. Petani di wilayah tersebut merasa belum sejahtera meskipun memiliki potensi besar dalam persawahan dan perkebunan. Mereka meminta perhatian dari pasangan Darwin – Ali untuk memperhatikan sektor pertanian dengan menyediakan alat-alat pertanian, pupuk gratis, dan bibit unggul.

“Hingga saat ini, kita masih mengandalkan pengolahan pertanian secara manual. Kami butuh alat pertanian seperti jonder dan hand tractor,” ujar La Fetaho, salah satu anggota kelompok tani.

Menanggapi keluhan warga, La Ode Darwin mengajak masyarakat untuk tetap optimis dan berkomitmen memenangkan Pilkada 2024, terutama di wilayah Kusambi dan Lawa yang merupakan kampung halamannya.

Baca Juga: Mantan dan Ketua DPRD Muna Perkuat Paslon Bahtera Menang di Pilkada 2024

Terkait keluhan mengenai TPA, La Ode Darwin berjanji untuk mencari lokasi yang lebih jauh dari sumber mata air.

La Ode Darwin juga menekankan bahwa perbaikan sektor pertanian adalah prioritas programnya. Ia menyebutkan bahwa pemerintahannya akan fokus pada tiga sektor utama: pertanian, perikanan, dan peternakan.

Untuk permintaan alat pertanian, pupuk, dan bibit, La Ode Darwin memastikan bahwa bantuan tersebut akan diberikan dalam jangka waktu 2-3 tahun, dengan harapan masyarakat Muna Barat dapat mandiri dalam bertani.

“Petani kita harus mandiri, dan hasil dari tiga sektor ini (pertanian, perikanan, dan peternakan, red) akan ditampung di perusahaan daerah agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi,” harapnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS