Miniatur Raja Ampat, Pantai Meleura Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Aris Mantobua

reporter

Rabu, 04 Mei 2022  /  12:58 pm

Perahu rakitanan yang disewakan oleh pihak pengelola wahana. Foto: Aris Mantobua/Telisik

MUNA, TELISIK.ID - Libur Lebaran  biasanya menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk menikmati tempat wisata yang ada di kampung halaman. Karena Lebaran identik dengan mudik atau pulang kampung.

Banyak tempat wisata yang bisa menjadi tujuan berlibur di Sulawesi Tenggara. Terlebih, tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran, sehingga tempat wisata pun diizinkan beroperasi. Berbeda dengan dua tahun sebelumnya yang penuh dengan pembatasan.

Kadis Pariwisata Provinsi Sultra, Belli Harli Tombili mengatakan, destinasi wisata tetap buka meski libur Lebaran. Hal tersebut tertulis dalam Surat Edaran yang dikeluarkan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Berbagai tempat wisata yang ada di Sulawesi Tenggara tetap akan terbuka selama libur Lebaran, tetapi harus mengikuti prokes COVID-19," ucapnya beberapa waktu lalu.

Pesona Pantai Meleura berada di Desa Lakarinta Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna. Foto: Aris Mantobua/Telisik

 

Bagi masyarakat Kabupaten Muna, jika masih bingung memilih tempat wisata untuk mengisi libur Lebaran, maka ada baiknya Anda mengunjungi Pantai Meleura.

Pantai Meleura berjarak sekitar 15 km dari kota Raha, bisa dijangkau dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit dengan menggunakan roda dua, hingga roda empat. Karcis masuk untuk roda dua sebasar Rp 5 ribu, sedangkan roda empat Rp 20 ribu tergantung dari jumlah orang dalam mobil.

Baca Juga: Danau Moko Muna, Khas dengan Air Jernih Berwarna Biru

Pantai yang ikonik sebagai miniatur Raja Ampat itu, membuat mata siapa saja bisa jatuh cinta saat pertama kali mengunjunginya.

Bagaimana tidak, salah satu objek wisata yang terletak di Desa Lakarinta, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna itu menawarkan sejuta keindahan panorama yang begitu menawan, pantai yang putih, birunya air laut, hijauhnya pepohonan, hingga gugusan karst yang berada di tengah Pantai Meleura membuat daya tarik tersendiri.

Selain menawarkan panorama alam yang indah nan menawan, Pantai Meleura juga dilengkapi fasilitas umum seperti gazebo, toilet, musala, villa, tempat ganti pakaian serta berbagai wahana bermain seperti banana boot, penyawaan ban, hingga penyewaan perahu rakitan yang murah meriah.

Pihak pengelola wahana bermain, Anwar mengatakan, berbagai wahana bermain dengan tarif yang relatif murah ditawarkan di sini. Mulai dari jasa penyewaan ban, perahu rakitan, hingga banana boot yang bisa melengkapi liburan para pengunjung.

"Tarif untuk banana boot sebesar Rp 25 ribu per orang, perahu rakitan Rp 10 ribu, kalau ban Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu tergantung dari ukuran ban," terangnya, Rabu (4/5/2022).

Baca Juga: Indahnya Pantai Morano Muna Jadi Spot Wisata

Pantai Meleura juga menawarkan aneka hidangan makanan dan minuman dari makanan tradisional hingga aneka snack.

Salah seorang pedagang di Pantai Meleura, Wa Eni mengungkapkan, dia mejual berbagai makanan dari makanan tradisional seperti lapa-lapa, ketupat, wajik hingga aneka snack. Selain menjual aneka mananan, ia juga menjual berbagai jenis minumal, mulai dari es buah hingga air mineral.

"Harganya relatif murah mulai dari harga seribu hingga 15 ribu rupiah," tutupnya. (A)

Reporter: Aris Mantobua

Editor: Haerani Hambali