adplus-dvertising

Keindahan Maobu, Kolam di dalam Gua dengan Air Berwarna Biru

Mutarfin, telisik indonesia
Minggu, 03 April 2022
522 dilihat
Keindahan Maobu, Kolam di dalam Gua dengan Air Berwarna Biru
Permandian yang berada di dalam Gua Maobu. Foto: Mutarfin/Telisik

" Keindahan Gua Maobu ini memang tergolong eksotis. Pepohonan dan indahnya bebatuan yang ada dalam gua, berpadu dengan alam "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Gua Maobu  menawarkan keindahan dengan warna airnya yang biru. Gua ini terletak di Desa Lalibo, Kecamatan Mawasangka Tengah, Kabupaten Buton Tengah.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Buteng, Wujuddin menjelaskan, keindahan tempat wisata Gua Maobu ini memang tergolong eksotis. Pepohonan dan indahnya bebatuan yang ada dalam gua, berpadu dengan alam.

Pemerintah Kabupaten Buton Tengah telah melengkapi fasilitas di lokasi ini dengan gazebo, tempat parkir kendaraan, rumah ibadah serta WC umum.


"Warna airnya yang biru menyatu dengan alam serta dikelilingi batuan yang membentuk relief seperti di dalam sebuah gua, tapi ini di dalamnya terdapat kolam, menambah eksotisme dari permandian ini," ungkapnya, Minggu (3/4/2022).

Ia menambahkan, keunikan lain dari Gua Maobu ini adalah letaknya yang berada tepat di pinggir jalan poros, dan berdampingan dengan laut. Hanya saja air dari gua ini sangat dingin bak kolam pribadi.

Baca Juga: Keindahan dan Keunikan Danau Napabale dengan Air Asinnya

Diperkirakan kedalaman permandian ini berkisar antara 5-8 meter. Permandian ini terdiri dari bongkahan batu krust, dengan diameter kurang lebih 20-30 meter membentuk sebuah kolam alami.

"Gua Maobu merupakan destinasi wisata unggulan yang ada di Buton Tengah. Sama seperti Pantai Mutiara, Tanjung Buaya dan Pantai Katembe," tambahnya.

Baca Juga: Permandian Matakidi Ramai Dikunjungi Warga Mubar Sehari Jelang Ramadan

Salah satu pengunjung yang ditemui di tempat wisata Gua Maobu, Jumran menerangkan, ia senang menikmati alam di Gua Maobu ini lantaran airnya dingin dan bisa menguji adrenalin.

"Saya hobi kesini karena kita bisa naik dari atas tebing, di atas gua, kemudian loncat ke dalam air. Hanya saja ini butuh keberanian juga," tandasnya.

Untuk diketahui, Gua Maobu pernah masuk dalam kategori ajang Anugrah Pesona Indonesia (API) Award 2021, serta memiliki wahana Maobu Cliff Jumping atau atraksi di atas tebing. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga