Mistik: Cerita Seram Pekerja Proyek di IKN Kesurupan, Mengaum Seperti Harimau dan Sering Minta Kopi

Ahmad Jaelani

Reporter

Jumat, 18 Oktober 2024  /  9:25 pm

Cerita mistis tentang pekerja proyek, mengalami kesurupan di IKN semakin banyak beredar. Foto: Instagram@nyoman_nuarta

PENAJAM PASER UTARA, TELISIK.ID - Kisah-kisah mistik di proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) kian menyeruak di kalangan pekerja. Tak hanya satu atau dua cerita, gangguan gaib yang dialami para pekerja proyek seolah menjadi bahan perbincangan hangat.

Meski tak mengganggu kelancaran pembangunan, ketakutan tetap melanda para pekerja yang terlibat. Cerita tentang kesurupan hingga makhluk halus yang menuntut kopi dan kelapa muda pun menjadi sorotan publik.

Gangguan dari makhluk-makhluk astral ini menjadi viral di dunia maya. Sebuah kanal di internet memuat cerita horor berdurasi 33 menit 56 detik yang mengisahkan pengalaman mistis di proyek IKN. Video tersebut telah ditonton oleh lebih dari 300 ribu orang.

Di kolom komentar, sebanyak 152 tanggapan muncul, sebagian besar mengingatkan agar pekerja berhati-hati karena konon setiap daerah memiliki "penunggu" yang tak kasat mata.

Tak jauh dari kisah yang berkembang di internet, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Penajam Paser Utara (PPU), Helena Lin Legi, yang juga merupakan aparatur sipil negara (ASN) di Otorita IKN, turut membenarkan cerita-cerita mistis yang dialami para pekerja.

Baca Juga: Lima Benda Mistik Paling Dicari di Indonesia karena Diklaim Sakti

“Cerita-cerita ngeri dan horor itu amat sangat benar. Wilayah sana itu memang wilayah keramat,” ujar Helena, seperti dikutip dari prokalteng.jawapos.com, Jumat (18/10/2024).

Helena Lin Legi sendiri mengaku memiliki pengalaman terkait hal-hal gaib tersebut. Ia mengatakan banyak tanda-tanda dari dunia lain yang sering muncul, meski dirinya tidak berada di lokasi langsung.

“Sangat banyak. Tapi bukan di lokasi langsung. Banyak petunjuk hal-hal gaib,” ungkapnya.

Menurutnya, ada seorang ajengan yang telah meninggal dunia yang sangat memahami perihal gangguan mistis ini. Selain itu, Helena juga memiliki teman di Sepaku yang mengetahui banyak cerita seram di kawasan tersebut.

“Ada warga Sepaku tuh dulu tahu banyak itu. Bagaimana awal-awal hunian pekerja konstruksi (HPK) dibangun. Banyak yang kesurupan. Dia sering telepon aku kalau sudah ada yang kesurupan,” ceritanya.

Saat warga Sepaku yang disebut Helena dihubungi oleh media, ia membenarkan cerita tersebut.

“Betul itu. Apalagi di rusun ASN itu, lho. Seringkali banyak yang kesurupan,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa beberapa pekerja yang kesurupan sempat berusaha melompat dari gedung rusun. Untuk mencegah hal yang berbahaya tersebut, OIKN akhirnya memasang pagar darurat di area proyek dengan bangunan tinggi.

“Ini bukan cerita omong kosong, dan memang seperti itu. Nah, pekerja yang sering kesurupan itu di Gedung BI, Bank Indonesia. Di situ paling banyak hantunya,” jelas warga Sepaku tersebut.

Dia juga mengaku pernah menangani kasus kesurupan yang cukup ekstrem. Seorang pekerja proyek tiba-tiba mengaum menyerupai harimau.

“Kebetulan yang kesurupan hari itu adalah anak-anak Logdam, Sepaku, ke sana lah saya. Alamak, macam-macam mintanya kopi lah, kelapa muda lah. Makhluk yang masuk ke tubuh yang kesurupan itu mengaku penunggu hutan di situ,” tuturnya.

Ia menyebut sudah beberapa kali diadakan selamatan dan doa bersama untuk mengusir makhluk gaib yang sering mengganggu.

“Sering sudah kami doa bersama di dalam itu. Tapi masih saja ada hantunya,” katanya.

Baca Juga: Mistik: Ustaz Masuk Kota Gaib Saranjana jadi Imam Salat Jumat, Hilang Seminggu Dikira Wafat

Tak hanya itu, ia juga mengaku memiliki video dokumentasi dari peristiwa kesurupan tersebut, namun meminta agar namanya tidak dicantumkan dalam pemberitaan.

“Saya ada video kesurupan di rusun ASN. Nanti saya kirim asal jangan sebut namaku, ya,” pesannya.

Sementara itu, Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat, OIKN, Alimuddin, ketika dimintai konfirmasi terkait fenomena mistis ini, justru tertawa.

“Hahaha tidak, ah. Suara mesin, iya,” jawab Alimuddin dengan santai.

Meski demikian, cerita-cerita seram ini tetap menjadi buah bibir di antara para pekerja dan masyarakat sekitar. Fenomena ini semakin menambah misteri pembangunan di IKN yang tak hanya diwarnai oleh aktivitas fisik, tetapi juga oleh cerita-cerita gaib yang membuat bulu kuduk merinding. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS