Muh. Amsar, Jebolan SeHAMA KontraS Siap Pimpin KNPI Sultra

Hir Abrianto

Reporter Bombana

Minggu, 23 Mei 2021  /  2:24 pm

Muh. Amsar. Foto: Ist.

BOMBANA, TELISIK.ID - Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) DPD KNPI Provinsi Sulawesi Tenggara rencananya bakal digelar pada akhir Mei ini di salah satu hotel Kota Kendari.

Para tokoh pemuda dari berbagai latar belakang organisasi mulai menyatakan kesiapannya memegang tongkat kepemimpinan organisasi pemuda  itu.

Salah satu di antaranya adalah Muhammad Amsar, S.Sos.I, jebolan Sekolah HAM untuk Mahasiswa (SeHAMA) KontraS tahun 2008. Sosoknya  banyak dikenal karena aksi-aksi kontrol sosial sejak masih mengenyam pendidikan sebagai mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Kendari yang saat ini telah berganti nama IAIN Kendari.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, pria yang menghabiskan masa kecilnya di Desa Tirongkotua, Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana itu telah banyak mengabdikan dirinya di berbagai organisasi kemahasiswaan.

Di antaranya, menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) STAIN Kendari pada tahun 2010. Saat duduk di bangku kuliah, tak sedikit waktunya digunakan untuk melakukan gebrakan aksi-aksi nyata kebangkitan mahasiswa dan perkembangan perguruan tinggi.

Pada tahun 2011, Muh. Amsar mendapat kepercayaan untuk bergabung dalam struktur kepengurusan organisasi bentukan Lafran Pane, HMI. Pada kesempatan itu, ia dipilih sebagai Sekretaris Umum HMI Cabang Kendari.

Baca juga: Polisi Berlakukan Jam Malam di Tempat Tongkrongan Remaja

Baca juga: RAG Dorong Masyarakat Bermedsos Kreatif

Pengabdiannya di HMI tidak berhenti di situ. Terbukti setahun kemudian, ia kembali ditunjuk sebagai pengurus di PB HMI Departemen PSDA pada tahun 2012.

"Organisasi-organisasi kepemudaan di Sultra saat ini mengalami masa surut. Hampir tidak ada kiblat dalam berjuang, dengan keadaan ini saya ingin mengabdikan diri pada KNPI," ungkapnya.

Menurutnya, KNPI adalah pucuk atau induk semua Ormas atau OKP. Jika induknya diperkokoh, maka semua cabang dan sayap-sayap organisasi di Sultra akan menampilkan warna yang baik dan diperhitungkan sebagai pencentak pemimpin masa depan.

"KNPI harus menjadi rahim yang melahirkan generasi yang handal dan matang untuk mengurusi daerah khususnya di Sultra," tegasnya.

Di Kabupaten Bombana, saat ini Muh. Amsar dipercaya sebagai Sekretaris Umum DPD Karang Taruna Bombana, mendampingi Andi Firman sebagai Ketua Karang Taruna.

Pendaftaran bakal calon ketua DPD KNPI Sulawesi Tenggara periode 2021-2024 telah dibuka.

“Pengambilan formulir 24-25 Mei. Batas pengembalian formulir hingga 27 Mei. Tanggal 28 Mei merupakan penetapan bakal calon,” terang Hasgar, mengutip pernyataan Sekretaris Panitia Musda KNPI Sultra XV, Marsono. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TOPICS