Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Wakatobi Jalin Kerjasama dengan 2 Perguruan Tinggi

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Rabu, 29 Desember 2021
0 dilihat
Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Wakatobi Jalin Kerjasama dengan 2 Perguruan Tinggi
Penandatanganan MoU oleh Bupati Wakatobi bersama Wakil Rektor IAIN Kendari. Foto: Boy/Telisik

" Pemkab Wakatobi menjalin kerjasama dengan dua perguruan tinggi di Sulawesi Tenggara "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatob menjalin kerjasama dengan dua perguruan tinggi di Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (29/12/2021).

Kedua perguruan tinggi tersebut yakni Institut Agama Islam Negri (IAIN) Kendari dan Institut Teknologi Bisnis Muhammadiyah (ITBM) Wakatobi.  

Kesepakatan kerjasama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau oleh kedua belah pihak, yang bertempat di lantai dua Sekretariat Daerah Kabupaten Wakatobi.

Rektor ITBM, Arusani menyampaikan, dalam rangka peningkatan kapasitas kelembagaan termasuk dengan pemerintah daerah, menerima sekiranya ratusan mahasiswa, khususnya mahasiswa yang berasal dari Desa Bajo.

Hal itu dilakukan, kata dia, untuk mewujudkan SDM atau generasi muda yang berkualitas kedepan.

“Kami bersyukur, keluarga kita yang di Bajo mahasiswa yang menempuh pendidikan sebanyak 50 orang atau kurang lebih 25 persen. Dengan penandatanganan MoU ini tentunya ini diharapkan akan mendukung mutu pendidikan di Wakatobi,” Ujar Arusani.

Baca Juga: BNNK Muna Raih Predikat Pertama Pengelolaan Anggaran

Senada dengan hal tersebut, Wakil Rektor IAIN Kendari, Dr. H, Herman mengungkapkan, dengan kerjasama ini anak-anak Wakatobi yang kurang lebih 600 orang dapat meningkatan kualitas SDM untuk hal pendidikan. Mereka sekiranya mendapat bantuan beasiswa.

“Mudah-mudahan niat kita ini, bisa meningkatkan semangat mahasisiwa kita yang kurang lebih 600 orang dari Kabupaten Wakatobi, dengan memberikan beasiswa kepada anak-anak kita. Karena semangat untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi jangan dibatasi oleh faktor-faktor ekonomi,” ungkap Dr. H, Herman.

Ia berharap semoga dengan bantuan beasiswa anak-anak yang memiliki kemampuan akademik namun secara ekonomi lemah mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang tinggi dalam mencetak generasi muda yang berkualitas.

Baca Juga: Larang Warga Keluar Rumah, Ini Cara Polda Jatim Cegah Kerumunan Saat Tahun Baru

Sementara itu, Bupati Wakatobi, Haliana memberikan dukungan penuh kepada anak-anak Wakatobi yang berkuliah di setiap perguruan tinggi yang dipilih di Sultra.

“Terkait beasiswa kami di Wakatobi saat ini tahun 2021, kami sedang berupanya walau tidak banyak sekitar Rp 2,6 Milyar untuk memberikan kesempatan lebih tinggi di dunia pendidikan. Kami berkomitmen bersama ibu Ilmiati Daud tahun 2022 kita menambah alokasi anggaran untuk beasiswa menjadi Rp 5,6 Milyar,” katanya.

Lebih lanjut, ia juga berharap anak-anak Wakatobi bisa berprestasi, juga kepada seluruh civitas akademika IAIN Kendari dapat memberikan bimbingan yang baik

"Yang tentunya akan berguna kelak dalam kehidupan bermasayarakat. Dalam rangka memaksimalkan pengabdian kepada masyarakat," harapnya. (A)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga