Muna Masuk Major Projects Bappenas

Sunaryo

Reporter Muna

Jumat, 01 April 2022  /  8:42 pm

Bupati Muna, LM Rusman Emba. Foto : Sunaryo/Telisik

MUNA, TELISIK.ID - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) menetapkan Kabupaten Muna sebagai daerah yang masuk dalam major projects (program prioritas) proyek-proyek strategis nasional. Item kegiatannya berupa pembangunan jalan trans Muna.

Selain Bumi Sowite, daerah di Sultra yang masuk dalam program itu adalah Kabupaten Buton dan Buton Selatan (Busel).

Kepastian tiga daerah di Sultra mendapat program pembangunan jalan trans itu terungkap saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sultra yang diselenggarakan di Kota Baubau baru-baru ini.

Bupati Muna, LM Rusman Emba mengatakan, sesuai rencana, jalan trans yang akan dibangun akan menghubungkan Muna Barat (Mubar) dan Buton Tengah (Buteng).

Baca Juga: Bupati Buteng Dinobatkan Sebagai Tokoh Penggagas Pembangunan

Baca Juga: Sidak Sentra IKM Kelapa Terpadu, DPRD Bombana Temukan Kondisi Bangunan Terbengkalai

"Untuk jalan trans yang menghubungkan Buteng, dimulai dari pesisir pantai Tampo, Lasalepa, Batalaiworu, By Pass, Lagasa, Ghonebalano, Meleura, Lakarinta, Walengkabola dan berakhir di Wamengkoli, Buteng," ungkap Rusman, Jumat (1/4/2022).

Sementara, untuk jalan trans yang menghubungkan Mubar, dimulai pula dari pesisir wilayah Tampo melewati pesisir Mubar dan berakhir di Kecamatan Kabangka, perbatasan Muna dan Mubar menuju Buteng.

"Pembangunan dipastikan tuntas tahun 2023," sebutnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin