Olimpiade Paris 2024: Kevin Cordon Calon Lawan Jonatan Christie Mundur

Mustaqim

Reporter

Senin, 29 Juli 2024  /  10:04 am

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Foto: PP PBSI

PARIS, TELISIK.ID – Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, yang tergabung di Grup L Olimpiade Paris 2024, batal menjalani pertandingan melawan Kevin Cordon asal Guatemala pada Senin (29/7/2024) pukul 19:00 WIB.

Pembatalan jadwal tersebut disebabkan mundurnya Kevin Cordon dari Olimpiade Paris 2024. Kevin Cordon mengalami cedera siku kiri sehingga dia memutuskan mundur pasca pertandingan perdananya melawan Lakshya Sen asal India pada Sabtu (27/7/2024) lalu.

Kepastian mundurnya Kevin Cordon disampaikan secara resmi oleh Badminton World Federation (BWF) atau Federasi Bulutangkis Dunia pada Senin (29/7/2024) dinihari WIB.

“Pertandingan tersisa di grup L lawan Jonatan Christie dari Indonesia dan Julien Carragi dari Belgia tidak akan dimainkan. Laga di lapangan tersebut pada tiap sesi akan diatur ulang,” kata BWF dalam pernyataan resmi mereka.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Telan Dua Kekalahan Beruntun

Berdasarkan peraturan BWF, bila seorang pemain mundur, seluruh data pertandingan yang sudah dimainkan dan bakal dimainkan akan dihapus. Merujuk dari aturan itu maka Jonatan Christie tidak otomatis menang walk out (WO) atas Kevin Cordon.  

“Seperti tercantum dalam regulasi fase grup, hasil dari seluruh pertandingan yang dimainkan, atau yang belum dimainkan, melibatkan Cordon di Grup L kini akan dihapus,” jelas BWF.

Baca Juga: Piala AFF U-19: Timnas Indonesia ke Final Usai Pecundangi Malaysia

Peraturan BWF tersebut otomatis juga berlaku bagi Lakshya Sen yang di pertandingan sebelumnya menang atas Kevin Cordon dengan 21-8 dan 22-20. Sehingga BWF memutuskan bahwa kemenangan Laksya Sen dianggap tidak ada.

Mundurnya Kevin Cordon mengakibatkan Grup L hanya menyisakan tiga pebulutangkis, yakni Jonatan Christie, Lakshya Sen, dan Julien Carraggi asal Belgia. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS