Olimpiade Paris 2024: Klasemen Bulutangkis China Dominasi dan Indonesia ke-8

Mustaqim

Reporter

Selasa, 06 Agustus 2024  /  9:03 am

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung; An Se Young asal Korea Selatan; dan He Bing Jiao dari China, usai pengalungan medali Olimpiade Paris 2024 di Porte de la Chapelle Arena. Foto: Repro Reuters

PARIS, TELISIK.ID – Cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Paris 2024 yang menjadi andalan kontingen Indonesia untuk meraih medali telah menyelesaikan seluruh pertandingan di Porte de la Chapelle Arena, Senin (5/8/2024) malam WIB.

Rangkaian pertandingan diakhiri duel di nomor tunggal putra antara Viktor Axelsen asal Denmark dengan wakil Thailand, Kunlavut Vitidsarn. Duel dimenangkan oleh Axelsen dengan skor 21-11, 21-11.

Kemenangan Axelsen ini sekaligus mempertahankan medali emas yang diraihnya pada Olimpiade Tokyo 2020.

Hasil keseluruhan dari lima nomor yang dipertandingkan, China menempati peringkat pertama dengan perolehan 2 medali emas dan 3 perak. Emas China diperoleh lewat ganda putri dan ganda campuran. Sedangkan perak melalui tunggal putri, ganda putri, dan ganda putra.

Sementara Indonesia di peringkat delapan dengan 1 medali perunggu yang diraih tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung. Gregoria menjadi penyelamat Indonesia dari lima nomor pertandingan yang diikuti.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Gregoria Raih Medali Perunggu Bagi Indonesia

Empat dari lima nomor pertandingan yang diikuti yakni tunggal putra, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran belum mampu menembus babak perebutan medali. Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan ganda campuran terhenti di penyisihan grup.

Sementara dua tunggal putra masing-masing Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting melangkah hingga perempat final. Sedangkan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tersandung di 16 besar.

Nasib Indonesia di cabor bulutangkis masih lebih beruntung dibanding India yang tidak meraih satu pun medali. Meski India diperkuat oleh ganda putra peringkat satu BWF, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Korea Selatan yang meraih 1 medali emas (tunggal putri) dan 1 perak (ganda campuran) menempati posisi kedua.

Berikutnya China Taipei di tempat ketiga dengan satu emas lewat ganda putra Lee Yang/Wang Chi Lin. Perolehan emas Lee Yang/Wang Chi Lin merupakan prestasi yang sama dibuat mereka saat Olimpiade Tokyo 2020.

Denmark yang mendulang satu emas melalui Axelsen berada di posisi keempat. Kemudian Thailand dengan satu perak oleh Vitidsarn di posisi kelima. Setelah itu Jepang dan Malaysia yang sama-sama mengoleksi dua perunggu.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Gregoria Tak Gentar Lawan An Se Young di Semifinal

Klasemen Medali Cabor Bulutangkis Olimpiade Paris 2024:

1. China (2 emas, 3 perak, 0 perunggu)

2. Korea Selatan (1, 1, 0)

3. Taiwan (1, 0, 0)

3. Denmark (1, 0, 0)

5. Thailand (0, 1, 0)

6. Jepang (0, 0, 2)

6. Malaysia (0, 0, 2)

8. Indonesia (0, 0, 1). (C)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS