Pariwisata Konkep Tak Terkelola Baik, Pasangan MULYA Bakal Prioritaskan Wisata

Kardin

Reporter

Rabu, 09 September 2020  /  5:35 pm

Wisata Air Terjun Tumburano di Konawe Kepulauan. Foto: google

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Pulau Wawonii yang kini masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) memiliki banyak potensi wisata alam yang mesti dikembangkan.

Pulau Wawonii juga memiliki beberapa spot wisata alam yang tak kalah indahnya dengan daerah lainnya di Sultra, bahkan di Indonesia.

Letak geografisnya yang strategis, yakni terletak di antara Laut Banda di sebelah timur dan selat Buton di bagian selatan, menjadikan Pulau Wawonii memang sangat cocok menjadi pengembangan pulau wisata.

Terlebih lagi Pulau Kelapa Wawonii memiliki perairan laut yang dilalui jalur pelayaran kawasan timur dan barat serta mempunyai sumber daya keberagaman hayati cukup besar.

Terdapat beberapa spot wisata yang kini sudah menjadi tujuan wisatawan, di antaranya ada wisata Pasir Putih Pantai Kampa, Air Terjun Tumburano, juga terdapat Kolam Air Panas Wungkolo, bahkan ada pula Benteng Watuntinapi di bagian Kecamatan Wawonii Utara dan Timur Laut ia membentang.

Namun, semua potensi itu kini tak terkelola dengan baik. Beberapa spot wisata andalan tersebut tidak ditunjang dengan fasilitas infrastruktur memadai buat para pengunjung. Makanya, jumlah pengunjung tiap tahunnya masih minim.

Melihat beberapa wisata yang tak terkelola dengan baik tersebut, pasangan Musdar-Ilham Jaya Maal, merasa perlu adanya pengembangan potensi wisata yang ekstra untuk menggaet para wisatawan dengan kelengkapan infrastruktur memadai tentunya.

Baca juga: Paslon Langgar Protokol COVID-19, JaDI Sultra Usul Tunda Pilkada

Ilham Jaya Maal menuturkan, pasangan berakronim MULYA itu nantinya akan menerapkan skala prioritas dalam pengelolaan di bidang pariwisata.

Bahkan katanya, wisata Benteng Watuntinapi nantinya bakal dijadikan sebagai wisata edukasi, mengingat benteng tersebut sangat unik dengan struktur batu yang tidak dimiliki di Pulau Wawonii.

"Jadi struktur batunya itu sangat unik, karena berdasarkan hasil penelitian, batunya itu tidak ada di Konawe Kepulauan," paparnya belum lama ini.

Watuntinapi sendiri kata Ilham, memiliki arti batu yang disusun rapi. Struktur batunya merupakan lempengan batu besar yang tersusun rapi hingga berbentuk benteng di puncak gunung.

"Memang batunya itu dinapi atau disusun rapi, lempengan batunya sangat lebar. Makanya sangat cocok dijadikan sebagai wisata edukasi," ujarnya.

Olehnya itu katanya, jika pasangan MULYA nantinya diberi kepercayaan oleh masyarakat Konkep, salah satu prioritas mereka adalah melakukan pengembangan terhadap spot wisata yang ada dan bakal melengkapi segala sesuatunya yang berhubungan dengan infrastruktur penunjang.

"Objek wisata memang menjadi skala prioritas kita nantinya, apa lagi itu belum terkelola dengan baik sekarang," tutupnya.

Reporter: Kardin