Pelajar se-Kota Kendari Dibekali Penanggulangan Terorisme

Erni Yanti

Reporter

Kamis, 11 Juli 2024  /  1:41 pm

Pembekalan penanggulangan radikalisasi dan terorisme oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sultra. Foto: Ist.

KENDARI , TELISIK.ID - Pelajar se-Kota Kendari diberi pembekalan penanggulangan radikalisme dan terorisme oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sultra, Rabu (10/7/2024).

Dalam sambutannya, Staf BNPT Muhammad Suaib Tohir menerangkan, paham radikalisme dan terorisme berpotensi terjadi di Indonesia, khususnya di kalangan pelajar.

Untuk itu, pihaknya akan terus menggaungkan semangat pencegahan agar generasi penerus bangsa tidak salah arah dalam menjalani kehidupannya.

“Beberapa tahun terakhir ini, paham radikalisme dan terorisme bisa teratasi di kalangan pelajar. Tetapi kita tidak boleh lengah dan terus melakukan sosialisasi ini,” katanya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kendari Beri Reward 10 Pelajar SMPN 2 Kendari Raih Nilai Terbaik

Sementara itu, Ketua FKPT Sultra, Andi Intang Dulung menegaskan, sosialisasi yang dilakukan mengacu pada Peraturan Menteri PPPA Nomor 6 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Pembangunan Keluarga.

Berdasarkan data, potensi radikalisme dan terorisme banyak terjadi di kalangan perempuan, generasi Z, dan masyarakat yang aktif di media sosial serta membuat konten keagamaan.

Baca Juga: Dua Pelajar Ini Wakili Sulawesi Tenggara Paskibraka Nasional HUT RI

Olehnya itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama memberikan pemahaman kepada generasi muda agar menanamkan nilai-nilai Pancasila dan toleransi demi menangkal paham radikalisme dan terorisme.

“Harapan kita, anak-anak khususnya pelajar selaku generasi penerus bangsa bisa terhindar dari paham ini. Mari sama-sama kita jaga anak-anak kita dan terus menanamkan nilai-nilai positif kepada mereka,” pungkasnya.

Pembekalan diikuti pelajar se-Kota Kendari. Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua FKPT Sultra, Andi Intang Dulung, serta anggotanya, para guru, orang tua siswa, tokoh masyarakat, pelajar, dan sejumlah tamu undangan lainnya. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS