Pemkab Buton Selatan Dukung 549 Anak Pramuka dengan Soft Skill dan Hard Skill

Ali Iskandar Majid

Reporter

Minggu, 22 September 2024  /  10:49 pm

Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-36, Kemah Budaya ke-4 di Bumi Perkemahan La Ode Wiridi, Kelurahan Masiri, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan, Minggu (22/9/2024). Foto: Ali Iskandar Majid/telisik

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan memberikan dukungan penuh dalam bentuk pelatihan soft skill dan hard skill kepada 549 anak pada Hari Pramuka ke-63 di Bumi Perkemahan La Ode Wiridi, Kelurahan Masiri, Kecamatan Batauga, Minggu (22/9/2024).

Pelatihan ini diikuti oleh 337 anak Pramuka Siaga, 212 anak Pramuka Penggalang, dan 115 orang Pembina, dengan mengusung tema "Pramuka Religius, Ceria, Menyenangkan, dan Berbudaya".

Pj Bupati Buton Selatan, Parinringi, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) La Ode Budiman, menegaskan dukungannya terhadap kegiatan nonformal ini.

Budiman menyatakan bahwa gerakan Pramuka tidak hanya memberikan pelatihan keterampilan, tetapi juga membekali peserta dengan kecerdasan spiritual, emosional, intelektual, dan fisik yang diperlukan untuk menjadi generasi pembawa perubahan bangsa Indonesia.

Baca Juga: KPU Buton Selatan Tetapkan Empat Paslon untuk Bertarung Pilkada 2024

“Saat ini, generasi muda dihadapkan pada berbagai tantangan zaman, seperti perkembangan teknologi yang cepat dan maraknya judi online, bullying, narkoba, dan budaya asing. Gerakan Pramuka sangat tepat untuk mengatasi situasi ini,” kata Budiman.

Sebagai organisasi pendidikan nonformal, Pramuka berperan aktif dalam pengabdian masyarakat, termasuk membantu dalam bencana alam, penanaman pohon, dan pembersihan fasilitas umum.

“Dengan pendidikan nonformal ini, anak-anak menjadi lebih kreatif karena mereka langsung terlibat dalam praktik di lapangan,” ujar Budiman.

La Ode Abidin, panitia kegiatan, berharap tema yang diangkat bisa menumbuhkan kecintaan terhadap nilai-nilai spiritual dan kekayaan budaya Indonesia.

Baca Juga: KPU Muna Barat Tetapkan La Ode Darwin - Ali Basa Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2024

“Peserta Pramuka diberikan piagam penghargaan sebagai bentuk motivasi dalam kegiatan Kema Budaya ke-4 Tahun 2024,” tutur Abidin.

Sumber anggaran kegiatan ini berasal dari APBD Kabupaten Buton Selatan dan kontribusi para peserta.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan baik materiil maupun moril,” ujar Abidin.

Kegiatan Hari Pramuka ke-63 ini diisi dengan berbagai lomba edukatif, antara lain hafalan surah pendek, tari tradisional, adzan, tartil, serta kreasi proyek penguatan Pancasila, lomba enggrang, lomba lojo, lomba baris-berbaris, serta lomba kebersihan, keindahan, dan kerapian kemah. (Adv/B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS