Pensiun dari ASN, Harmin Ramba Siap Maju dalam Pilkada Konawe 2024

Sigit Purnomo

Reporter

Jumat, 02 Agustus 2024  /  5:36 pm

Harmin Ramba mantapkan diri maju sebagai calon Bupati Konawe. Foto: Ist

KONAWE, TELISIK ID – Setelah pensiun sebagai ASN dan mengakhiri masa jabatannya sebagai Pj Bupati Konawe pada Rabu (31/7/2024) lalu, Harmin Ramba memantapkan diri untuk maju dalam Pilkada Konawe 2024.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Harmin Ramba bakal berpasangan dengan Dessy Indah Rahmat sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe dan sejumlah partai politik diklaim mendukung pasangan ini.

Salah satu partai yang mendukung pasangan ini adalah partai yang dipimpin oleh Prabowo Subianto, Partai Gerindra.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Konawe, Randa menyebutkan bahwa Partai Gerindra secara resmi belum mengeluarkan B1 KWK, namun rekomendasi sudah ada untuk Harmin Ramba dan Dessy Indah Rahmat.

Baca Juga: Bachrun-Asrafil Kantongi Rekomendasi NasDem Maju Pilkada Muna

"Sampai saat ini belum ada informasi dari pusat, namun kalau rekomendasi sudah ada untuk pasangan Hadir," ujar Randa saat dikonfirmasi melalui saluran telepon, Jumat (2/8/2024).

Sebelumnya, Ketua DPC Gerindra Konawe, Wahyu Ade Pratama Imran yang juga mencalonkan diri sebagai calon Bupati Konawe, justru mendapatkan perintah untuk maju di Konawe Selatan.

Di tempat lain, Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Konawe, Nasrullah Faisal, mengungkapkan bahwa nama Harmin Ramba paling kuat di DPP NasDem.

"Pak Harmin Ramba paling kuat namanya di pusat, apalagi beliau sudah pensiun dan mundur dari jabatan Pj maka sangat besar peluang beliau dapat rekomendasi NasDem," jelas Nasrullah Faisal.

Pria yang akrab disapa Aco Faisal ini, menegaskan bahwa dirinya akan tegak lurus mendukung siapa pun yang didukung oleh Partai NasDem.

"Sebagai kader tentu harus tegak lurus, siapapun dia kami (NasDem) all out," tegas pria yang dijuluki Naga Hitam ini.

Disisi lain, Dessy Indah Rahmat sebelumnya telah menerima rekomendasi tahap 1 dari partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konawe 2024.

Rekomendasi tahap 1 PKB ini ditandatangani langsung Ketua Tim Desk Pilkada DPP PKB, Abdul Halim Iskandar dan diserahkan oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Sulawesi Tenggara (Sultra), Jaelani di Jakarta, Sabtu (8/72024) lalu.

Menurut Jaelani, Dessy tidak akan sulit mendapatkan dukungan partai lain. Sebab, saat ini Dessy yang juga Dewan Penasehat DPD Gerindra Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Hugua Beberkan Alasan Pilih Dampingi ASR Maju Pilgub Sulawesi Tenggara

"Gerindra di Konawe kan empat kursi. Jadi, kalau koalisi dengan PKB, kita sudah bisa mengusung satu pasangan calon. Minimal enam kursi sudah bisa mengusung paslon di Konawe," beber Caleg DPR RI dapil Sultra terpilih ini.

Tempat yang berbeda, Aljumatul Mutakin salah satu staf ahli Harmin Ramba mengklim bahwa Harmin Ramaba akan merebut rekomendasi dari empat Partai diantaranya, partai Gerindra, NasDem, PKB dan Golkar.

“InsyaAllah, empat partai ini kita dapat,” ungkap Aljumatul.

Untuk diketahui, pada Pemilu 2024 yang lalu, Partai Gerindra mendapatkan 4 kursi, Partai NasDem 4 kursi, Partai Golkar 4 kursi, dan PKB 2 kursi. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS