Perayaan Trisuci Waisak Umat Budha Bakal Digelar Online

Fitrah Nugraha

Reporter

Rabu, 06 Mei 2020  /  4:33 pm

Ilustrasi Kirab Waisak Ummat Buddha. Foto: Antaranews.com

JAKARTA, TELISIK.ID - Perayaan Hari Raya Trisuci Waisak 2564 BE/2020 bagi Umat Buddha, yang jatuh pada tanggal 7 Mei 2020, besok, akan dilaksanakan secara online.

Dilansir INDUSTRY.co.id, mengenai pelaksanaan upacara ritual Trisuci Waisak, tetap akan diselenggarakan di sejumlah vihara atau kuil. Hanya saja, bedanya tahun ini akan dilakukan melalui media online, sedangkan para umat mengikuti upacara dari rumah masing- masing.

Ketua Umum Pengurus Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Arief Harsono dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Perayaan Hari Raya Trisuci Waisak di tengah pandemi COVID-19 tahun ini, tidak mengurangi kualitas dari penghayatan dan pelaksanaan ajaran Buddha yang menjadi semangat dalam setiap perayaan Trisuci Waisak.

“Meningkatkan kepedulian demi keutuhan bangsa adalah nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran Buddha, jadi kita semua penting tetap semangat dan optimis Indonesia bisa melewati ini semua," katanya, Rabu (6/5/2020).

Terkait dengan adanya pandemi COVID-19, Permabudhi tetap mengadakan ritual di detik-detik menjelang Trisuci Waisak secara virtual. Sedangkan untuk bakti sosialnya akan diarahkan khusus pada pengadaan berbagai perlengkapan medis, seperti masker, hand sanitizer, face shield, alat pelindung diri (APD), disinfektan dan lainnya, yang distribusinya mencapai sejumlah rumah sakit dan komunitas tertentu yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Jika Terpapar COVID-19, Ketua MPR Dukung Pemerintah Tutup Pabrik

Pelaksanaan bakti sosial ini tentu telah mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, seperti jaga jarak, cuci tangan dan berkoordinasi langsung dengan pihak yang membutuhkan. 

Permabudhi dalam melaksanakan aksi sosialnya dibantu oleh sejumlah Majelis-Majelis Buddha dan kampus serta berbagai lembaga swadaya masyarakat yang ada di daerah.

Hari Raya Trisuci Waisak adalah hari raya umat Buddha untuk memperingati hari lahir, pencapaian kesadaran dan moksya Sang Buddha.  Adapun tema yang diangkat dalam perayaan Hari Raya Trisuci Waisak kali ini adalah Dengan Kesadaran Dharma Kita Tingkatkan Kepedulian Sosial Demi Keutuhan Bangsa.

Senada dengan itu, sebelumnya juga Ketua Pengurus Permabudhi DI Yogyakarta, Romo Agus Setyawan Suwarno, memastikan bahwa ritual Perayaan Waisak 2564 BE/2020 di Yogyakarta dan sekitarnya ditiadakan, sesuai dengan imbauan Sangha Theravada Indonesia.

Dimana, imbauan tersebut meminta segala bentuk ritual dengan kerumunan massa termasuk prosesi pengambilan air suci di Umbul Jumprit hingga perayaan detik-detik Waisak pada Kamis, 7/05/2020, pada pukul 17.44.51 WIB hanya dilakukan di rumah.

“Kami tidak melakukan prosesi seperti tradisi perayaan Waisak sebelumnya, karena kondisinya seperti ini, dan menghormati aturan yang sudah diterapkan pemerintah,” katanya seperti yang dikutip Beritasatu.com, Selasa (5/5/2020).

Sementara itu, Menteri Agama RI, Fachrul Razi juga sangat mengapresiasi pilihan umat Buddha untuk menyelenggarakan Trisuci Waisak di rumah.  

“Keberadaan dan kebenaran dharma yang anda yakini senantiasa dapat menjawab segala perkembangan dunia. Umat Buddha meyakini segala persoalan hanya dapat diatasi hanya jika kita punya tekad untuk percaya dan melaksanakan Dharma Buddha,“ pungkasnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin