Pj Bupati Konawe Hadiri Penilaian Lomba Desa 10 Program PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara

Sigit Purnomo

Reporter

Senin, 30 September 2024  /  11:42 am

Pj Bupati Konawe menghadiri penilaianan lomka 10 program pokok PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

KONAWE, TELISIK.ID – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Stanley, menghadiri kegiatan penilaian Lomba Desa 10 Program PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, di Desa Uelawu, Sabtu (28/9/2024).

Tim Penilai dari Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sulawesi Tenggara yang hadir untuk melakukan penilaian terdiri dari Hj. Devi Yunari Asadi, Nurlita Irawan, dan Anita Indriasari.

Pj Bupati Stanley hadir untuk memberikan dukungan kepada TP PKK Kecamatan dan TP PKK Kabupaten Konawe, serta TP PKK Desa Uelawu, yang mewakili Kabupaten Konawe dalam lomba tersebut.

Dalam sambutannya, Stanley mengungkapkan pentingnya dukungan terhadap program PKK. Dimana 10 program pokok PKK menyentuh semua permasalahan mendasar yang dihadapi masyarakat Kabupaten Konawe.

"Sehingga pemerintah daerah wajib memberikan dukungan penuh terhadap program PKK di tingkat kecamatan dan desa," ujarnya.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Apresiasi Pengamanan Polres dan TNI di Deklarasi Pemilukada Damai 2024

Program PKK Desa Uelawu telah bermitra dengan pemerintah daerah dalam upaya mencegah stunting, mengatasi gizi buruk, kemiskinan ekstrem, dan masalah kesehatan keluarga.

Tak hanya itu, ia juga mendorong TP PKK untuk berkolaborasi dengan pemerintah kecamatan dan desa dalam pemberdayaan ekonomi, sosial, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Desa Uelawu memiliki kelebihan dalam penilaian tertentu, yang menjadikannya terpilih untuk mewakili Kabupaten Konawe pada tingkat provinsi," tambah Stanley.

Ia berharap Desa Uelawu dapat menjadi model pemberdayaan yang dapat diterapkan di seluruh Kabupaten Konawe dan bahkan menjadi pilot project pelaksanaan 10 program pokok PKK di kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Stanley juga menekankan pentingnya meningkatkan kepekaan terhadap setiap permasalahan yang ada, untuk membangun ketahanan keluarga dan masyarakat demi kepentingan masa depan bangsa.

"Gerakan TP PKK harus lebih peka terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat," imbuhnya.

Untuk mendukung suksesnya Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program PKK, Stanley mengajak camat dan kepala desa untuk memberikan dukungan penuh terhadap Desa Uelawu.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Stanley Tegaskan ASN Jaga Netralitas Jelang Pilkada 2024

"Hasil lomba bukan hanya soal penghargaan, tetapi bagaimana program PKK dapat memberikan kontribusi nyata dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga," jelasnya.

Stanley meyakini bahwa tim penilai akan melakukan penilaian secara profesional dan objektif serta memberikan penilaian yang adil untuk kemajuan PKK.

Penutup, Stanley menegaskan bahwa negara yang sejahtera didukung oleh provinsi yang sejahtera, provinsi sejahtera didukung oleh kabupaten yang sejahtera, kabupaten yang sejahtera didukung oleh kecamatan yang sejahtera, dan kecamatan yang sejahtera didukung oleh desa yang sejahtera. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS