Ini Sederet Prestasi Pemkab Kolaka Utara Selama Tahun 2023

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 06 April 2024
0 dilihat
Ini Sederet Prestasi Pemkab Kolaka Utara Selama Tahun 2023
Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding sampaikan pidato pengantar dalam rapat paripurna LKPJ Bupati tahun 2023. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Pemkab Kolaka Utara meraih banyak prestasi pada tahun 2023. Keberhasilan itu telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara meraih banyak prestasi pada tahun 2023. Keberhasilan yang telah dicapai dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat itu dibuktikan dengan cukup banyaknya pengakuan serta penghargaan dari berbagai pihak.

Pernyataan tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, dalam rapat paripurna DPRD Kolaka Utara dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Kolaka Utara tahun anggaran 2023.

Salah satu penghargaan yang telah diraih pada tahun 2023 yakni penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sulawesi Tenggara, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kolaka Utara tahun 2022 untuk yang kedelapan kalinya.

"Predikat Penilaian “B” laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tahun 2023 dari Kementerian PAN-RB," urainya, Jumat (5/4/2024).

Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara juga menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) atas komitmen Pemkab Kolaka Utara mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat.

Baca Juga: Ini Penjelasan Asisten I Soal Penolakan Paripurna LKPJ DPRD Kolaka Utara Tanpa Kehadiran Pj Bupati

Pada bidang hukum, Pemkab Kolaka Utara turut diganjar penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tahun 2023.

"Kabupaten Kolaka Utara juga meraih penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023 dan penghargaan Kinerja Penerimaan Pajak Terbaik tahun 2023," bebernya.

Prestasi bergensi lainnya yang diraih Pemkab Kolaka Utara tahun 2023 yakni penghargaan Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang kedelapan kalinya.

Meski demikian, Asisten III Provinsi Sulawesi Tenggara ini, sadar jika dalam berbagai aspek masih terdapat banyak hal yang belum dituntaskan dan mesti dibenahi bersama ke depan.

Sukanto Toding berharap, kerja sama dan kemitraan yang telah terjalin selama ini tetap terjalin dengan baik dan membawa manfaat lebih besar bagi keberhasilan dan kemajuan Kabupaten Kolaka Utara ke depan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, terlaksananya tata kelola pemerintahan yang baik menuju Kabupaten Kolaka Utara sejahtera dan berdaya saing.

"Apresiasi dan terima kasih atas segala sinergi, pengabdian, dan kemitraan yang baik selama ini, saya sampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat, jajaran DPRD, Forkopimda, TNI/Polri, segenap Aparatur Pemerintah Daerah serta insan pers dan Lembaga Swadaya Masyarakat," imbuhnya.

Berbagai prestasi yang telah dicapai pemerintah daerah ini mendapat apresiasi dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) sebagaimana tertuang dalam pandangan fraksi.

Baca Juga: Dewan Kolaka Utara Bakal Perjuangkan Nasib Kelulusan PPPK Nakes dan Dinsos di Komisi IX DPR RI

Menurut Ketua F-PDIP, Nasir Banna, prestasi yang diraih Pemkab Kolaka Utara khususnya trophy Adipura ke-8 kalinya, tidak hanya menjadi penyemangat bagi Pemkab Kolaka Utara untuk mempertahankan, namun juga meningkatkan upaya dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di masa mendatang.

"Penghargaan ini merupakan hasil kerja sama yang baik antara SKPD Kolaka Utara dan masyarakat. Kontribusi yang aktif dari semua pihak telah mewujudkan harapan bersama akan kebersihan dan keindahan kota," terangnya.

Diketahui, paripurna yang digelar Jumat (5/4/2023) kali ini dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama di gedung DPRD Kolaka Utara. (B-info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga