Rektor IAIN Kendari Kukuhkan 1.590 Mahasiswa Baru Tahun 2024

Ibnu Sina Ali Hakim

Reporter

Kamis, 22 Agustus 2024  /  11:16 pm

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag resmi mengukuhkan 1.566 mahasiswa baru program sarjana tahun 2024 di Ballroom Multimedia IAIN Kendari, Rabu (21/8/2024). Foto: Humas IAIN Kendari

KENDARI, TELISIK.ID - Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag, mengukuhkan 1.590 mahasiswa baru program sarjana tahun 2024 di Ballroom Multimedia Kampus IAIN, Rabu (21/8/2024).

Pengukuhan digelar setelah mahasiswa baru mengikuti rangkaian kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang dilaksanakan selama empat hari.

Husain mengatakan, seluruh proses PBAK yang dilalui mahasiswa baru adalah perjuangan dan pengembangan diri yang tidak akan terulang.

"Anda (mahasiswa baru, red) semua luar biasa, seluruh rangkaian yang dilalui sejak pra PBAK hingga PBAK merupakan bukti proses Anda untuk menarik masa depan yang diinginkan," katanya.

Baca Juga: Siswa SMA/SMK di Sulawesi Tenggara Adu Cepat Lomba Permainan Tradisional

Mahasiswa baru diminta untuk terus menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

"Untuk pengembangan talenta yang Anda miliki bisa dilihat dengan pemateri yang dihadirkan dalam PBAK kali ini, itu semua untuk memberikan motivasi kepada Anda agar menarik masa depan untuk hadir di masa kini," tambahnya.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Jumardin La Fua, M.Si, berharap mahasiswa baru IAIN Kendari patut berbangga diri. Dia beralasan karena mereka telah melewati banyak proses yang ketat dari beberapa jalur mulai dari SPAN PTKIN, UM PTKIN, mandiri lokal hingga jalur seleksi mandiri berbasis komputer.

"Masing-masing jalur itu memiliki standar yang tinggi dan kalian adalah yang terbaik di antara yang terbaik," ujarnya.

Jumardin menyebut tahun 2024 jumlah mahasiswa baru mengalami peningkatan 6,6 persen dari tahun sebelumnya.

"Pertumbuhan ini mencerminkan bahwa semakin besar kepekaan masyarakat terhadap pendidikan yang ditawarkan oleh IAIN Kendari," katanya.

Baca Juga: Mudahnya Akses Informasi dengan Mobile JKN BPJS Kesehatan, Warga Kendari Rasakan Manfaatnya

Data IAIN Kendari menyebutkan bahwa mahasiswa baru tahun ini tidak hanya berasal dari Sulawesi Tenggara, namun juga dari Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Banten, Jawa Barat, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, NTB hingga Papua.

"Sejarah mahasiswa terbanyak tahun ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami. Maka untuk itu mahasiswa baru punya banyak kesempatan mengembangkan bakat, baik dari bidang olahraga dan seni yang fasilitasnya kami sudah sediakan," ucapnya.

Selain itu, kata Jumardin, IAIN Kendari juga menyediakan beasiswa prestasi, beasiswa keislaman hingga beasiswa pemerintah daerah.

"Kampus kita juga mengirimkan mahasiswa untuk mewakili IAIN Kendari pada berbagai kompetisi baik di tingkat lokal, nasional dan internasional. Untuk itu manfaatkan semua kesempatan uuntuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan berprestasi," pungkasnya. (Adv/B)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS