Ruksamin Janjikan Mahasiswa Beasiswa Kuliah Luar Negeri dan Rp 500 Juta per Desa

Febriyani

Reporter

Rabu, 16 Oktober 2024  /  8:29 pm

Calon Gubernur Sultra dan wakilnya Ruksamin – LM Sjafei Kahar saat menggelar kampanye dialogis di Lapangan sepakbola Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton. Foto: Ist

BUTON, TELISIK.ID – Pasangan calon (paslon) Gubernur – Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) nomor urut 1, Ruksamin - LM Syafei Kahar menggelar kampanye dialogis di Lapangan Sepakbola Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, pada Rabu (16/10/2024).

Saat berkampanye, mereka mengumumkan program beasiswa gratis bagi mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi. Ruksamin menjelaskan bahwa program beasiswa ini bukan hal baru, melainkan sudah dilaksanakan selama menjabat sebagai Bupati Konawe Utara.

“Alhamdulillah, sebanyak 2.220 mahasiswa di Konawe Utara menerima uang kuliah tunggal (UKT) gratis di berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri. Jika terpilih sebagai Gubernur Sultra, saya akan melanjutkan program ini dengan menggratiskan UKT seluruh mahasiswa di Sultra,” tuturnya.

Baca Juga: Paslon Bahtera Dianggap Paling Tahu Kebutuhan Masyarakat Muna

Ruksamin menjelaskan bahwa program beasiswa ini tanpa persyaratan khusus, hanya membutuhkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Sultra. “Ini berlaku bagi semua mahasiswa, baik yang baru memulai maupun yang sudah berkuliah. Mereka akan mendapatkan pendidikan secara gratis,” jelasnya.

Program beasiswa ini, menurut Ruksamin, bertujuan untuk mempersiapkan generasi Sultra yang maju dan berkontribusi untuk kemajuan daerah.

“Saat ini, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sultra berada di posisi 20 di Indonesia. Dengan pendidikan yang baik, orang tua mahasiswa pasti Bahagia,” ujarnya.

“Tugas saya adalah melayani masyarakat dengan menggratiskan biaya UKT. Saya pernah merasakan kesulitan biaya kuliah, dan saya harap kondisi ini tidak ada lagi di Sultra,” tambah Ruksamin.

Selain beasiswa, Ruksamin juga menyampaikan program bantuan sebesar 500 juta per desa untuk pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Uang tersebut akan dikelola oleh pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Bantuan ini akan digunakan untuk operasional kepala desa, pembangunan fisik, dan bantuan sosial,” katanya.

Ruksamin juga menyoroti program BPJS bagi warga dan rencana menyediakan helikopter untuk membantu masyarakat yang membutuhkan perawatan medis dari Buton ke Kendari dan Makassar.

“Helikopter ini akan memudahkan warga yang sakit untuk mendapatkan perawatan, tanpa harus menempuh perjalanan jauh yang melelahkan,” ujarnya.

Ia juga menjanjikan alokasi pupuk untuk membantu para petani di Sultra dan memastikan bahwa program tersebut selaras dengan program pemerintah pusat.

Baca Juga: Warga Sawerigadi Muna Barat Keluhkan Infrastruktur Tertinggal, Paslon Darwin-Ali Janji Perbaikan

Calon Wakil Gubernur LM Syafei Kahar menambahkan bahwa setelah terpilih, mereka akan melaksanakan semua program yang telah dicanangkan dan akan selalu terbuka untuk menerima aspirasi warga.

“Selama saya menjabat sebagai Bupati di Buton, masyarakat telah merasakan berbagai pembangunan seperti pelabuhan, sekolah, dan rumah sakit. Kami akan melanjutkan program-program tersebut,” tuturnya.

Kampanye Ruksamin – Syafei dihadiri oleh Ketua DPD PBB Buton, Hasra; Ketua DPD Partai Gelora, La Ode Darmin Ali; dan tokoh masyarakat setempat. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS