Sosok Tiga Calon Ketua DPRD Sulawesi Tenggara yang Jalani Fit and Proper Tes DPP Partai Nasdem

Sigit Purnomo

Reporter

Sabtu, 03 Agustus 2024  /  9:39 pm

Sosok tiga calon Ketua DPRD Sulawesi Tenggara yang telah ikuti Uji Kelayakan dan kepatuhan dari DPP Partai Nasdem. Foto: Ist

KENDARI, TELISIK.ID - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem telah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan atau Fit and Proper terhadap tiga calon ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya partai untuk memastikan bahwa pemimpin legislatif daerah memiliki kompetensi dan integritas yang tinggi.

Adapun ketiga calon yang mengikuti uji kelayakan tersebut adalah Hartini Azis, Sudarmanto Saeka dan La Ode Tariala. Mereka dipilih melalui proses seleksi internal yang ketat dan dianggap memiliki potensi besar untuk memimpin DPRD Sulawesi Tenggara.

Uji kelayakan ini melibatkan serangkaian tes dan wawancara yang mencakup berbagai aspek, termasuk visi dan misi, pemahaman terhadap tugas dan fungsi DPRD, serta komitmen terhadap nilai-nilai demokrasi dan kepentingan masyarakat.

Proses ini dilakukan secara transparan dan akuntabel untuk memastikan bahwa tidak ada intervensi atau kepentingan pribadi yang mempengaruhi hasil akhir.

Baca Juga: Ratusan Masyarakat Buton Padati Lapangan Banabungi Sambut H Naane dan H Akalim

Hasil uji kelayakan ini akan menjadi bahan pertimbangan DPP Partai Nasdem dalam menentukan siapa yang akan diusulkan sebagai ketua DPRD Sulawesi Tenggara. Keputusan akhir akan diumumkan dalam waktu dekat setelah melalui rapat pleno DPP.

Sosok Hartini Azis merupakan pendatang baru dalam anggota DPRD Sulawesi Tenggara, Hartini Azis terpilih di dapil 5 sekaligus menjadi pemilik suara terbanyak dalam Pilcaleg tahun ini dengan 23.696 suara.

Hartini Azis lahir di Tongauna, 27 Juli 1988 merupakan istri dari Bupati Kolaka Timur Abdul Azis, pernah mendapatkan penghargaan sebagai tokoh perempuan inspiratif dari Kendari Pos Award pada 2022 lalu.

Saat ini Hartini Azis masih menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kolaka Timur 2022 - Sekarang, Ketua Dekranasda Kabupaten Kolaka Timur 2022 - Sekarang, Bunda PAUD Kabupaten Kolaka Timur 2022 - Sekarang Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Kolaka Timur 2022 - Sekarang.

Sementara itu, sosok Sudarmanto Saeka, merupakan politisi senior Partai NasDem yang memulai memulai karirnya sebagai praktisi akademisi sebelum terjun di dunia politik.

Pria yang akrab disapa “Om Bob” ini menjalani pendidikannya dari Taman Kanak-kanak (TK) Idhata Kendari tahun 1982-1983). Selanjutnya, ia mengecap pendidikan dasar di SD Inpres Benu-benua Kendari tahun 1983-1989, SMP IMMIM Makasar 1989-1992, SMA IMMIM Makasar 1992-1995, S1 Fakultas Ekonomi UMI Makasar 1995-2001, dan S2 Pasca Sarjana UHO Kendari 2007-2009.

Langkah pria kelahiran Kendari 12 Agustus 1977 terjun di jalur politik cukup tepat. Sudarmanto mampu mengambil dalam mengawal kebijakan pemerintah untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Bumi Anoa di dunia pendidikan.

Diketahui, Sudarmanto Saeka pertama kali terpilih menjadi anggota DPRD Sulawesi Tenggara sejak tahun 2014, yang artinya sudah 3 periode Sudarmanto Saeka menjadi anggota DPRD Sulawesi Tenggara.

Disisi lain, La Ode Tariala, pria kelahiran Desa Lakanaha, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat, pada 15 November 1970 juga merupakan politisi senior Partai Nasdem.

Nama La Ode Tariala tidak asing lagi di kalangan perpolitikan Sulawesi Tenggara. Politisi yang kerap disapa Tariala itu telah beberapa kali menyandang status sebagai wakil rakyat di parlemen Muna, Muna Barat dan saat ini aktif sebagai anggota Komisi III DPRD Sulawesi Tenggara.

Terkait uji kelayakan dari DPP Partai Nasdem, La Ode Tariala menjelaskan saat ini keputusan ada di DPP Partai Nasdem, ia dan 2 calon lainnya telah menyelesaikan tes wawancara yang jelas dari 3 calon ini nantinya akan menghasilkan 1 nama.

Ia menambahkan, dari ketiga calon ini memiliki hak yang sama dan siapapun yang nantinya memiliki peluang pasti nanti akan menjadi ketua DPRD Sulawesi Tenggara.

Dalam wawancara tersebut, lanjut Tariala, poin pentingnya yakni bagaimana cara untuk dapat membesarkan Partai Nasdem di Sulawesi Tenggara.

"Intinya kita menunggu hasil keputusan DPP Partai Nasdem dalam waktu dekat ini," pungkasnya.

Terpisah, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Tenggara, Tahir Kimi, saat dikonfirmasi melalui telepon seluler menjelaskan, ada tiga nama yang diundang DPP Partai NasDem untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Tahir menambahkan, nama-nama yang dipanggil DPP Partai NasDem, adalah Sudarmanto, anggota DPRD Sultra tiga periode Daerah Pemilihan (Dapil) I Kota Kendari. Lalu La Ode Tariala, anggota DPRD dua periode, Dapil 3, Muna Muna Barat (Mubar), dan Buton Utara (Butur).

Terkahir, Hartini Aziz, anggota DPRD Sultra yang baru terpilih di Pemilu 2024 kemarin, Dapil 4 Kolaka Raya meliputi Kolaka Timur (Koltim), Kolaka Utara (Kolut), dan Kolaka.

Baca Juga: Tim Pemenangan Optimis Menangkan Tina Nur Alam di Muna Barat

Ia melanjutkan, ketiganya merupakan kader terbaik Partai NasDem Bumi Anoa yang dinilai oleh DPP mempunyai kriteria menjadi ketua DPRD.

"Jadi, calon Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Periode 2024-2029 tinggal menunggu keputusan DPP dan tidak akan jauh dari tiga orang tersebut," kata Tahir.

Usai menjalani fit and propert test, selanjutnya DPP Partai NasDem akan memutuskan siapa Ketua DPRD Sulawesi Tenggara dan dalam waktu dekat, DPP Partai NasDem bakal umumkan keputusannya.

"Keputusannya menunggu DPP dan tentunya dalam menentukan pilihan nanti," ungkapnya.

Terkait kriteria calon Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, ia membeberkan syaratnya umum tidak ada yang khusus. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS