Tinjauan Lokasi Pembenahan Jalan Tani, Pj Bupati Kolaka Utara Apresiasi Keterlibatan TNI

Muh. Risal H

Reporter Kolaka Utara

Kamis, 01 September 2022  /  3:56 pm

Pj Bupati Kolaka Utara, Andi Parinringi di dampingi Kadis PUPR, Mukramin dan Danramil 1412/03 Lasusua, Kapten INF Hamka Saad meninjau persiapan pembenahan jalan di Dusun IV Desa Puncak Monapa, Kecamatan Lasusua. Foto: Muh. Risal H/Telisik.

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Hari keempat menjalankan tugas sebagai Pj Bupati Kolaka Utara, Andi Parinringi, mulai menginpentarisasi kegiatan pembenahan infrastruktur yang telah dicanangkan pemerintah kabupaten.

Salah satunya, kegiatan pembenahan infrastruktur jalan tani yang terletak di Dusun V, Desa Puncak Monapa, Kecamatan Lasusua.

Menurut Pj bupati, pembenahan jalan tani tersebut merupakan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) bekerja sama dengan pemerintah kabupaten melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kolaka Utara.

"Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kolaka Utara, khususnya masyarakat Desa Puncak Monapa yang setiap harinya menggunakan jalan ini untuk aktivitas pertanian dan suplai kebutuhan pokok," katanya, Kamis (1/9/2022).

Pj Bupati Kolaka Utara (tengah) bersama Kadis PUPR Kolaka Utara (kiri), Danramil 1412/03 Lasusua, dan Kepala Inspektorat Kolaka Utara. Foto: Muh Risal H/Telisik.

 

Kata dia, tiga program yang telah dicanangkan TMMD bersama Dinas PUPR Kolaka Utara, yakni pembenahan jalan sepanjang 1,5 kilometer, pembuatan plat dekker dan pembangunan masjid, mempunyai manfaatnya yang sangat luar biasa bagi masyarakat.

Baca Juga: Penilaian Pelayanan Publik Bakal Digelar, 5 OPD Konawe Sasaran Ombudsman Sultra

"Kalau ini kelar, maka akses masyarakat ketika membawa hasil produksi pertanian mereka akan lebih mudah. Terlebih jalan tersebut berfungsi ganda, sebagai jalan tani dan juga sebaga jalan utama masyarakat menuju dusun V," terangnya.

Ia berharap, pasca pembenahan jalan produksi pertanian khususnya cengkeh dapat meningkat dan memberikan efek positif bagi masyarakat setempat.

Terpisah, Kadis PUPR Kolaka Utara, Mukramin, SE., MM mengungkapkan, pembenahan jalan tersebut dibiayai oleh pemerintah kabupaten sementara TMMD terlibat dalam proses pengerjaan.

Baca Juga: Kawasan Transmigrasi Mutiara Menuju Trans Science Technopark

"Jadi rabat beton, jalan sepanjang 1,5 kilometer itu diinisiasi TMMD dan dibackup pemerintah kabupaten melalui Dinas PUPR. Saat ini prosesnya sudah masuk pra pekerjaan," imbuhnya.

Terkait pekerjaan jalan itu, Danramil 1412/03 Lasusua, Kapten INF Hamka Sa'ad menuturkan, sedikitnya 100 orang satuan tempur 725 digabung Kodim 1412 Kolaka akan terlibat dalam kegiatan TMMD di Kolaka Utara.

"Personil TMMD cuma kerja, sementara pemerintah kabupaten menyiapkan semua kebutuhan material dan kebutuhan lainnya di lokasi," bebernya. (A-Info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin

TOPICS