Tol Penghubung Surabaya dan Gresik Resmi Beroperasi

Try Wahyudi Ary Setyawan

Reporter Surabaya

Minggu, 29 November 2020  /  4:29 pm

Suasana peresmian tol KLBM di Jatim. Foto: Ist.

SURABAYA, TELISIK.ID - Pembangunan tol Krian-Legundi-Manyar (KLBM), yang diharapkan mampu menopang perekonomian Gresik dan Surabaya sekitarnya kini rampung dan telah mulai beroperasi secara perdana hari ini, Minggu (29/11/2020).

Tol KLBM yang pembangunannya dimulai sejak tahun 2017 tersebut berjarak 29 KM. Selama dua minggu terhitung hari ini, masyarakat sudah bisa menggunakan Tol KLBM ini secara gratis.

“Alhamdulillah, mulai hari ini atas izin Allah kita mulai operasikan Tol KLBM sepanjang 29 Km. Kita akan melihat progres finalisasinya. Di Km 13 akan disiapkan rest area. Format desain rest area cukup unik. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat yang besar bagi seluruh layanan publik,” jelas gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Minggu (29/11/2020).

Menurut Khofifah, Tol KLBM ini menjadi solusi efektif bagi konektivitas di Jatim khususnya ring satu industri di Jatim.

Baca juga: Fasilitasi Kerumunan Massa Habib Rizieq, Kadis LH dan Wali Kota Jakpus Dicopot

Ia juga menyampaikan bahwa tol ini akan berkelanjutan sampai Manyar-Tuban. Konektivitas di antara titik-titik strategis di Jatim, terutama di sentra-sentra industri ring 1 butuh percepatan untuk meningkatkan  efektivitas dan efisiensi.

Dengan demikian, lanjut Khofifah, operasionalisasi tol ini menjadi titik penting untuk meningkatkan layanan  publik kepada masyarakat terutama yang berkaitan dengan transportasi publik.

“Tidak hanya untuk masyarakat Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo dan Gresik, tetapi semua yang berkaitan dengan public transportation yang bisa kita maksimalkan efisiensi efektivitasnya. Utamanya, untuk membangun konektivitas sentra-sentra industri di Sidiarjo - Mojokerto - Gresik,” pungkas mantan mensos ini. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TOPICS