Tujuh Mahasiswa Unsultra Lolos Program MSIB Kemendikbudristek 2024

La Ode Hamid

Reporter

Jumat, 20 September 2024  /  6:31 pm

7 Mahasiswa Unsultra Lolos MSIB Kemendikbudristek 2024. Foto : ist

KENDARI, TELISIK.ID – Mahasiswa Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) berhasil lolos dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan 7 tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sebanyak tujuh mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti program ini adalah Eko Cahyono (Teknik Sipil), Tiansi Ayu Saputri (Ilmu Pemerintahan), Sri Rahayu Ningsih (Ilmu Pemerintahan), Windi Putri Handina (PGSD), Sintia Anwar (PGSD), Alfin Alfian Samandi (Teknologi Hasil Pertanian), dan Adrian Maulana (Ilmu Hukum).

Koordinator Perguruan Tinggi MSIB Unsultra, Ilham, menjelaskan bahwa program ini akan berlangsung selama kurang lebih enam bulan di mitra masing-masing.

Baca Juga: Usulan Percepatan Transformasi IAIN Kendari jadi UIN Diserahkan Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan konversi nilai setara 20 SKS, dan pendanaan untuk transportasi, akomodasi, serta kebutuhan lainnya berasal dari Kemendikbudristek.

“Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan teknis, dan soft skill mahasiswa, serta memberikan pengalaman yang berharga guna meningkatkan kualitas lulusan,” ungkap Ilham kepada telisik.id, Jumat (20/9/2024).

Ia menambahkan bahwa mahasiswa yang menyelesaikan program MSIB tidak hanya mendapatkan ilmu dan sertifikat, tetapi juga berpotensi memperoleh keuntungan finansial dari mitra. Ilham berharap mahasiswa dapat belajar dan menunjukkan performa terbaik selama menjalani program ini.

“Harapan ke depan adalah agar mahasiswa yang melaksanakan program ini dengan kinerja baik dapat direkrut langsung oleh mitranya setelah menyelesaikan program sarjana di kampus ini,” ujarnya.

Windi Putri Handina, salah satu mahasiswa yang lolos, menjelaskan bahwa proses seleksi terdiri dari beberapa tahap, mulai dari pembuatan akun di website Kampus Merdeka hingga pengisian biodata dan CV, yang kemudian diverifikasi oleh ketua program studi masing-masing.

Baca Juga: Empat Mahasiswa UHO Lolos Pimnas Kemendikbudristek 2024

“Pimpinan universitas juga memberikan rekomendasi kepada mahasiswa yang akan mengikuti seleksi program MSIB dan menandatangani kesediaan untuk melakukan konversi 20 SKS bagi mahasiswa yang berhasil menyelesaikan program,” tambah Windi.

Adrian Maulana, mahasiswa yang beruntung diterima sebagai peserta MSIB Batch 7 di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), menyatakan rasa syukur dan bangganya.

“Saya sangat bersyukur dan bangga dinyatakan lolus sebagai peserta MSIB Batch 7 di DPR RI. Kesempatan ini merupakan langkah besar saya untuk memperluas wawasan dan pengalaman dalam dunia kerja,” ungkapnya. (A)

Penulis: La Ode Hamid

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS