UHO Kendari jadi Tuan Rumah Pertemuan Nasional SPI PTN 2024, Dihadiri Irjen Kemendikbudristek

Siti Nabila

Reporter

Selasa, 16 Juli 2024  /  1:48 pm

Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia hadiri pertemuan nasional di UHO Kendari. Foto: Nabila/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menjadi tuan rumah pada pertemuan nasional Satuan Pengawas Intern (SPI) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2024.

Agenda tahunan ini adalah wujud dari semangat kolaborasi dan komitmen bersama dalam meningkatkan tata kelola dan SPI di lingkungan PTN dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) di seluruh Indonesia.

Fitriaman, Sekretaris SPI UHO sekaligus ketua panitia pelaksana mengatakan, kegiatan ini merupakan acara rutin yang digelar setiap tahun, dan UHO mendapatkan amanah menjadi tuan rumah dalam pertemuan ini.

"Dalam pertemuan nasional membahas mengenai tugas pengawas internal di lingkungan perguruan tinggi negeri, misalnya persoalan tata kelola keuangan, SDM, pengelolaan aset," ungkapnya, Senin (15/7/2024) siang.

Sementara itu, Rektor UHO Kendari, Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, SPI merupakan salah satu badan yang penting di lingkungan universitas.

Baca Juga: Wujudkan PTN Berkualitas, UHO Kendari Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

"Ini sangat penting menjaga atau mengawal bagaimana program di bidang pendidikan bisa berjalan dengan baik dan benar,” ucapnya.

Selain itu, Zamrun menyampaikan SPI juga memegang peranan vital atau penting dalam program pengembangan, khususnya di bidang akademik.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbudristek Chatarina Muliana, mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan.

Baca Juga: 5 Ribu Lebih Peserta Terdaftar Jalur UTBK Mandiri UHO Kendari

“Ini saya hadir untuk rakor ke-3, dimana UHO dipercaya untuk menjadi tuan rumah,” katanya.

Chatarina Muliana mengatakan, satuan pengawasan internal merupakan organ universitas yang menjalankan fungsi pengawasan bidang non akademik untuk dan atas nama rektor.

Pertemuan ini dihadiri 255 orang peserta dari 96 PTN yang ada dari Sabang sampai Merauke dan berlangsung 15 -18 Juli 2024. Kegiatan ini terpusat di Auditorium Mokodompit UHO Kendari. (A)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS