UMK Ajak Perempuan Pesisir Olah Hasil Laut Jadi Kuliner Unik

Nur Fauzia

Reporter

Senin, 21 Oktober 2024  /  12:04 pm

Masyarakat Desa Kanapa-Napa dengan hasil olahannya. Foto: Ist

BUTON TENGAH, TELISIK.ID – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) mengadakan program pengabdian masyarakat di Desa Kanapa Napa, Kabupaten Buton Tengah, pada 14 hingga 16 Oktober lalu.

Program ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir di wilayah Sulawesi Tenggara.

Ketua Tim Pengabdian, Iin Nurdiyanty Nurdin, saat ditemui telisik.id di Hotel Zahra, Kendari, menjelaskan bahwa Desa Kanapa Napa memiliki potensi besar dalam hasil tangkapan ikan yang melimpah serta ketersediaan rumput laut yang melimpah.

Namun, masyarakat belum memaksimalkan pengolahan hasil laut tersebut, sehingga harga jualnya masih rendah.

Menurut Iin, melalui program ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan nilai tambah hasil perikanan, sekaligus memberikan alternatif mata pencaharian bagi warga setempat, terutama perempuan.

Baca Juga: Universitas Muhammadiyah Kendari Luncurkan Program Studi Baru Desain Komunikasi Visual, Pertama di Sulawesi Tenggara

Selama kegiatan, kelompok perempuan pesisir "Watanda Bulawa" diberikan edukasi mengenai pentingnya konsumsi ikan dan olahan rumput laut.

"Mereka juga dilatih secara langsung membuat berbagai produk olahan, seperti bakso ikan, nugget, pempek, kerupuk amplang, mie rumput laut, keripik rumput laut, dan brownies berbahan dasar rumput laut," ujar Iin, Senin (21/10/2024).

Ketua kelompok, Sumiati, menyampaikan rasa bahagianya dapat terlibat dalam program ini. Menurunnya, belum pernah ada kegiatan yang memberikan edukasi serta keterampilan dalam mengolah hasil perikanan dan rumput laut seperti ini.

"Kami sangat bersyukur bisa terpilih sebagai mitra binaan dalam program hibah pengabdian ini," ungkapnya.

Baca Juga: 16 Mahasiswa FPIK UM Kendari Lolos Seleksi Program Internship Budidaya Hotate di Hokkaido Jepang

Selain pelatihan pengolahan, peserta juga dibekali pengetahuan mengenai pengemasan dan pelabelan produk agar lebih menarik di pasar. Tidak hanya itu, dasar-dasar manajemen usaha juga diajarkan untuk membantu kelompok dalam memasarkan produk olahan mereka.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah produk perikanan di Desa Kanapa Napa, membuka peluang lapangan kerja baru, dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama kaum perempuan.

Program pengabdian ini melibatkan dua dosen UMK, satu dosen dari Institut Teknologi dan Kesehatan (ITK) Avicenna Kendari, serta beberapa mahasiswa FPIK UMK. (B-Adv)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS