Universitas Muhammadiyah Kendari Luncurkan Program Studi Baru Desain Komunikasi Visual, Pertama di Sulawesi Tenggara

Siti Nabila, telisik indonesia
Sabtu, 21 September 2024
0 dilihat
Universitas Muhammadiyah Kendari Luncurkan Program Studi Baru Desain Komunikasi Visual, Pertama di Sulawesi Tenggara
Wakil Rektor I UM Kendari Ahmad Muhlis Nuryadi, Dekan FISIP UMK Patta Hindi Asis, Kaprodi DKV UMK Muh. Nato Alhaq dan mahasiswa baru prodi DKV berfoto bersama di pelataran Gedung E UM Kendari. Foto: Nabila/Telisik

" FISIP Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari meluncurkan program studi baru, Desain Komunikasi Visual (DKV), menjadi yang pertama dan satu-satunya di Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari, kembali memperluas cakrawala pendidikan dengan meluncurkan program studi baru, Desain Komunikasi Visual (DKV), dan menjadi pertama dan satu-satunya di Sulawesi Tenggara.

Langkah ini diambil sebagai bentuk komitmen UMK dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memenuhi kebutuhan dunia industri kreatif yang berkembang pesat di era digital ini.

Wakil Rektor I UM Kendari, Ahmad Muhlis Nuryadi mengatakan, peluncuran program studi ini merupakan bagian dari komitmen universitas untuk selalu relevan dengan perkembangan zaman dan meyakini setelah lulus kuliah akan cepat mendapatkan pekerjaan.

"Program studi ini menyiapkan lowongan pekerjaan, jadi pasti akan cepat terserap di perusahaan," ujarnya, Jumat (20/9/2024) malam.

Dia menjelaskan bahwa saat ini program studi tersebut belum banyak yang mendaftar karena baru dibuka di UM Kendari, namun ke depannya pasti akan banyak peminat.

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Program Studi Paling Diminati di IAIN Kendari

Dengan peluncuran program studi ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan yang menjadi tuntutan dunia usaha, industri dan masyarakat.

Sementara itu, Kaprodi DKV UMK Muh. Nato Alhaq mengatakan, dalam kurikulum prodi ini nantinya tidak lepas dari industri yang sudah ada.

"Seluruh tema penelitian, pengajaran objek yang akan kami kaji berasal dari industri yang sudah ada. Artinya, ketika kami membuat karya, bisa jadi karya-karya yang berasal dari industri yang sudah ada, jadi kami tidak mengambil konsep-konsep dari luar konsep yang nyata," jelasnya.

Baca Juga: Mahasiswa dan Dosen UMK Kunjungan Kuliah Lapangan ke Kantor Telisik.id

Para praktisi industri yang hadir dalam acara peluncuran tersebut menyambut baik inisiatif ini, misalnya CEO PT Swarna Dwipa Property (SDP) dalam hal ini diwakili Sujatman.

Menurut dia, hadirnya program studi DKV akan membantu mengisi kebutuhan akan desainer kreatif yang semakin meningkat, seiring dengan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia yang kini telah menjadi salah satu sektor andalan dalam perekonomian nasional.

Program ini resmi dibuka pada tanggal 20 September 2024, dalam acara yang dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk akademisi, praktisi industri, serta mahasiswa. Peluncuran tersebut juga dirangkaikan dengan road show penayangan film dokumenter budaya Sultra di Pelataran Gedung E UM Kendari. (A-Adv)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga