4 Cara Melatih Skill Leadership untuk Meraih Sukses

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 11 Oktober 2022
0 dilihat
4 Cara Melatih Skill Leadership untuk Meraih Sukses
Skill yang wajib dimiliki untuk meraih kesuksesan adalah kemampuan leadership. Foto: Repro coursemology.sg

" Salah satu kemampuan yang harus dilatih dalam diri setiap orang adalah skill leadership. Skill satu ini dapat menjadi bekal untuk meraih kesuksesan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kemampuan yang harus dilatih dalam diri setiap orang adalah skill leadership. Skill satu ini dapat menjadi bekal untuk meraih kesuksesan.

Pada umumnya, dikutip kubikleadership.com, leadership skill memegang peranan penting dalam sebuah manajemen kepemimpinan.

Leadership skill merupakan kemampuan seseorang untuk menginspirasi orang lain agar mau bertindak sesuai rencana demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Simak Cara Benar Bikin Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

Melansir yoursay.id, berikut empat cara yang bisa dilakukan untuk melatih skill leadership:

1. Gabung Organisasi

Bergabung dengan organisasi adalah cara yang sangat tepat untuk melatih kemampuan kepemimpinan. Dalam organisasi, kita akan belajar berbagai hal mengenai kepemimpinan. Kita akan belajar bagaimana dipimpin dan memimpin orang lain. Dalam organisasi kita belajar cara bekerja sama dan mewujudkan tujuan dengan terorganisir. Selain itu, di organisasi juga kita akan dilatih untuk bertanggung jawab.

2. Membaca Buku tentang Leadership

Ada banyak buku yang mengusung tema kepemimpinan. Biasanya terbagi menjadi beberapa metode, misalnya kepemimpinan dalam Islam, kepemimpinan organisasi, dan lain sebagainya. Kita bisa membaca buku-buku tersebut untuk menambah wawasan tentang kepemimpinan dan bagaimana menjalankannya dengan baik.

3. Mengenali Tokoh Pemimpin yang Baik

Banyak pula tokoh pemimpin terkenal yang patut dicontoh atau diteladani kepemimpinannya. Misalnya seperti Nabi Muhammad. Kita bisa mengenali tokoh-tokoh tersebut dan memahami bagaimana cara mereka meminpin orang lain. Hal ini akan membuat kita belajar tentang kepemimpinan.

4. Jangan Ragu untuk Belajar

Kepemimpinan bukan hanya soal pengetahuan saja melainkan harus dipraktikkan secara langsung. Oleh sebab itu, kita tidak boleh takut atau ragu untuk belajar. Misalnya ketika diberi kesempatan untuk memimpin sebuah kelompok, maka kita harus yakin dan berani mengambil kesempatan tersebut.

 Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 6 Etika dalam Berhutang

Kita bisa mulai dari kelompok yang kecil, misalnya dalam kepanitiaan acara di RT setempat, maka kita bisa ambil bagian sebagai kesempatan untuk belajar.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih jiwa leadership dalam diri kita. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga