5 Tips Puasa Aman Bagi Ibu Hamil

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 31 Maret 2023
0 dilihat
5 Tips Puasa Aman Bagi Ibu Hamil
Ada beberapa tips untuk ibu hamil agar bisa ikut menjalankan ibadah puasa secara maksimal. Foto: The Asian Parent

" Ibadah puasa ramadan boleh saja tidak dikerjakan oleh seorang muslim yang mengalami kondisi tertentu, temasuk saat hamil. Tapi ibu hamil bisa saja ikut berpuasa selama dapat dilakukan dengan aman "

KENDARI, TELISIK.ID - Ibadah puasa ramadan boleh saja tidak dikerjakan oleh seorang muslim yang mengalami kondisi tertentu, temasuk saat hamil. Tapi ibu hamil bisa saja ikut berpuasa selama dapat dilakukan dengan aman.

Dikutip dari halodoc.com, berdasarkan kacamata medis, berpuasa selama kehamilan dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah kesehatan, baik pada ibu maupun bayinya. Sebab, saat berpuasa, seseorang tidak akan mengonsumsi makanan atau minuman kurang lebih 12 jam. Hal ini dapat membuat Ibu hamil yang berpuasa berisiko mengalami penurunan gula darah ke tingkat yang tidak sehat.

Selain itu, puasa juga berisiko menyebabkan kekurangan nutrisi sekaligus energi tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Simak 4 Tips Mengatur Jam Tidur saat Menjalani Puasa Ramadan

Meski begitu, bumil sebenarnya boleh saja menjalankan ibadah puasa. Namun perlu diingat, saat menjalankan ibadah puasa, kondisi ibu dan janin harus pada saat optimal atau tidak ada masalah pada ibu dan kandungan. 

Melansir suara.com - jaringan Telisik.id dari berbagai sumber, berikut beberapa tips untuk ibu hamil jika mau ikut berpuasa ramadan:

1. Menjaga Kebutuhan Serat

Kebutuhan serat bagi ibu hamil pun harus terpenuhi dan terjaga dengan baik agar terhindar dari masalah kesehatan pencernaan.

Selain itu, serat yang terdapat pada sayuran dan buah juga mampu menjaga vitalitas ibu hamil selama berpuasa.

2. Minum Air Putih yang Banyak

Memenuhi cairan kebutuhan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Setidaknya minum 2-3 liter perhari guna mencukupi kebutuhan cairan ibu dan janin.

3. Hindari Air Dingin

Saat waktu berbuka alangkah baiknya untuk menghindari air dingin. Hal ini dapat memicu terjadinya asam lambung. Ibu bisa mengonsumsi air putih atau minuman manis hangat serta buah-buahan segar seperti semangka atau melon.

4. Hindari Makanan Manis

Ketika di waktu sahur sebaiknya ibu hamil menghindari makanan yang manis karena akan merangsang hormon insulin, sehingga ibu bisa cepat lemas dan mudah lapar.

Baca Juga: 7 Cara Kecilkan Perut Buncit Saat Puasa

5. Konsumsi Protein dan Karbohidrat Kompleks

Agar ibu hamil terhindar dari lemas dan cepat lapar, ibu bisa mengonsumsi protein, karbohidrat kompleks dan lemak dalam jumlah yang cukup. Jenis zat gizi tersebut bisa bertahan lebih lama sehingga dapat membuat ibu kenyang lebih lama.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu hamil agar bisa ikut menjalankan ibadah puasa secara maksimal. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga