Simak Cara Benar Bikin Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 11 Oktober 2022
0 dilihat
Simak Cara Benar Bikin Surat Lamaran Kerja dan Contohnya
Surat lamaran kerja menjadi kewajiban yang harus dibuat oleh setiap orang yang akan melamar kerja di sebuah perusahaan. Foto: Repro sampoernauniversity.ac.id

" Surat lamaran kerja menjadi hal yang wajib dibuat oleh seseorang ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Surat lamaran kerja menjadi hal yang wajib dibuat oleh seseorang ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Pada umumnya, dikutip kompas.com, surat lamaran kerja merupakan surat resmi yang dibuat oleh pelamar kerja yang ditujukan kepada pimpinan perusahaan atau HRD.

Penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar bisa menjadi pertimbangan bagi HRD untuk memanggil pelamar kerja ke tahap selanjutnya.

Baca Juga: Simak Bocoran Spesifikasi dan Rilis Samsung Galaxy S23 Series

Melansir cnnindonesia.com dari laman greatdayhr.com, Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja yang benar:

1. Penulisan tanggal dan tempat

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat lamaran kerja adalah penulisan tanggal dan tempat.

Untuk surat lamaran kerja, penulisan tanggal dan tempat diposisikan pada bagian kanan atas atau kiri atas surat lamaran kerja. Selain itu, perlu diingat untuk tidak menyingkat apa pun baik dari tempat maupun tanggal.

2. Tujuan surat

Bagian selanjutnya adalah kepada siapa surat tersebut disampaikan. Sebelum menuliskan nama dan jabatan penerima, jangan lupa terlebih dahulu menuliskan kata-kata "yang terhormat" atau "Yth".

Sebaiknya pelamar kerja sudah mengetahui dengan jelas nama dan jabatan penerima surat lamaran kerja agar dapat menuliskannya sehingga surat lamaran kerja terasa lebih personal. Kemudian di bagian bawah surat, tuliskan nama dan alamat lengkap perusahaan yang dituju.

3. Salam pembuka dan pengantar

Setelah itu, buatlah salam pembuka dan kata pengantar. Untuk ucapan salam, sebaiknya menggunakan kata-kata yang universal, seperti "Dengan hormat".

Kemudian barulah calon pelamar dapat menjelaskan mengenai informasi lowongan pekerjaan yang tengah dilamar tersebut.

4. Data diri

Berikutnya, jangan lupa menuliskan identitas diri kamu dalam surat lamaran. Adapun informasi yang diperlukan seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, pendidikan, alamat email, dan nomor hp.

5. Pengalaman kerja dan kemampuan

Setelah mencantumkan data diri, kamu dapat menuliskan pengalaman kerja serta keterampilan yang dimiliki. Calon pelamar bisa menjelaskan dengan rinci mengenai pengalaman serta keahlian yang relevan terhadap pekerjaan yang dilamar.

Hal ini sangat penting agar HRD dapat mempertimbangkan apakah kemampuan yang dimiliki pelamar kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, penjabaran singkat mengenai keahlian yang dimiliki juga memungkinkan HRD untuk mengecek sertifikat yang mungkin dilampirkan dalam surat lamaran kerja.

6. Penutup

Terakhir adalah bagian penutup. Bagian ini umumnya berisi mengenai harapan calon pelamar kerja agar dipertimbangkan sebagai calon karyawan, dan mendapat kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya yakni wawancara.

Penulisan bagian penutup juga harus dibubuhkan ucapan terima kasih karena penerima surat sudah berkenan untuk membaca surat lamaran kerja tersebut.

Kemudian lengkapi surat lamaran kerja dengan tanda tangan dan nama lengkap pelamar kerja tepat di bawah penutup.

Baca Juga: 7 Cara Gampang Mengusir Cicak yang Berkeliaran di Rumah

Berikut ini contoh membuat surat lamaran kerja yang benar dan menarik sebagai referensi:

Kendari, 11 Oktober 2022

Hal: Lamaran pekerjaan

Yth. Pimpinan

PT Maju Terus Pantang Mundur

Jalan Medan Merdeka No. 15 Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang saya lihat pada media sosial pada 1 Oktober 2022, perusahaan bapak/ibu sedang membuka lowongan pekerjaan. Dengan ini, saya ingin melamar pekerjaan sebagai Sekretaris di perusahaan Bapak/Ibu.

Adapun data diri saya, sebagai berikut:

Nama: Muhammad Fatih

Tempat, tanggal lahir: Kendari, 20 April 1992

Pendidikan terakhir: S-1 Ekonomi Manajemen

Alamat: Jl. Maranai No. 102

Telepon: 08123456777

E-mail : [email protected]

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai Marketing selama 2 tahun.

Saya memiliki keahlian terkait administrasi, mulai dari mencatat kegiatan perusahaan, mengerjakan berbagai macam laporan, membuat notulen, hingga menyimpan dokumen dan arsip.

Untuk bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa dokumen:

- Daftar Riwayat Hidup/CV

- Resume Kerja

- Fotokopi Ijazah Terakhir

- Fotokopi Transkrip Nilai

- Fotokopi Bahasa Inggris

- Fotokopi KTP

- Pas Foto 4×6

- Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Ttd.

Fulan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga