4 Motor Kopling Bekas yang Masih Layak Dibeli

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 30 Januari 2023
0 dilihat
4 Motor Kopling Bekas yang Masih Layak Dibeli
Motor kopling punya banyak keunggulan di banding motor matik, beberapa motor kopling masih layak diborong meski bekas. Foto: Jabar.tribunnews.com

" Meski saat ini motor matik lebih laris manis di banding motor kopling, hal tersebut bukan berarti mematikan pasar motor kopling secara keseluruhan. Motor kopling tetap mempunyai tempat bagi pengguna setianya baik dalam kondisi baru maupun bekas "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski saat ini motor matik lebih laris manis di banding motor kopling, hal tersebut bukan berarti mematikan pasar motor kopling secara keseluruhan. Motor kopling tetap mempunyai tempat bagi pengguna setianya baik dalam kondisi baru maupun bekas.

Motor kopling sendiri mempunyai akselerasi yang lebih baik dibanding motor matik. Selain itu,  Motor ini unggul dari segi kekuatan, kestabilan saat perjalanan jarak jauh dan perpindahan gigi yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

Dilansir dari Okezone.com, berikut beberapa motor kopling bekas yang masih layak untuk dibeli:

1. Supra GTR

Berbekal mesin DOHC Fuel Injection berkapasitas 150 cc, Supra GTR dikenal irit. Suplai bahan bahan bakarnya sudah menggunakan fuel injection. Motor ini masih relevan untuk milenial lantaran desain bodinya yang sporty.

Jika digabung dengan performa mesin tangguh namun irit bahan bakar akan membuat motor ini semakin layak untuk dimiliki.

2. Yamaha MX-King

Jangan dikira mesin SOHC pada Yamaha MX-King membuat motor ini ketinggalan zaman. Anggapan itu akan runtuh jika melihat teknologi canggih Variable Valve Actuation (VVA) pada motor ini.

Karena, teknologi tersebut memungkinkan motor ini mampu mengirit pengeluaran lantaran irit bahan bakar. Desain sporty juga membuat pemilik motor ini lebih percaya diri di jalanan.

Tampang sporty itu bisa dilihat dari garis tajam di semua sisi. Lampu LED dan panel speedometer digital semakin memperkuat nuansa modern pada motor ini. Harga motor ini di pasaran motor bekas masih sekitar Rp 10 jutaan.

Dengan harga tersebut, akan lebih banyak keuntungan yang bisa didapat dengan harga yang terjangkau.

3. All New Honda CB 150 Verza

Rekomendasi motor kopling berikutnya adalah All New Honda CB 150 Verza. Nah, motor ini cocok untuk pecinta touring. Jika Anda punya jiwa petualang yang menyukai sesuatu yang sedikit klasik, maka motor ini jawabannya.

Mesin motor ini mengadopsi mesin seniornya, yakni Honda Megapro yang memiliki mesin berkapasitas 150 cc. Soal irit, jangan ditanya lagi. Bayangkan, Anda bisa melibas jarak 49,4 Km hanya dengan satu liter bensin.

Fitur canggih bawaan motor ini meliputi lampu belakang dengan smoke, lampu LED di bagian depan, speedometer digital. Motor ini akan membuat penggunanya nampak gagah berkat desain kaki-kakinya yang tangguh serta mesin injeksi.

Harga baru motor ini masih Rp 19 juta. Sementara jika Anda memburunya di pasar motor bekas, harganya hanya Rp 7-10 jutaan.

4. Yamaha R15

Bintang motor kopling berikutnya adalah Yamaha R15. Hampir semua pecinta motor kopling sepakat seperti apa tarikan motor Yamaha. Lalu, jika tarikan tersebut dipadukan dengan desain yang sporty, tentu akan membuat motor ini semakin meninggalkan kompetitor di kelasnya.

Meski bekas, motor ini masih laris manis bak kacang goreng. Jadi, harga jual bekasnya pun cukup lumayan. Alasan motor ini jadi buruan berharga di pasar motor bekas adalah lantaran mesin dan performanya. Mesin berkapasitas 150 cc VVA sudah cukup membuat motor ini disegani.

Ditambah lagi dengan kaki-kaki tangguh serta suspense depan upside down mampu meredam getaran. Hal ini jelas membuat motor ini bisa berlari dengan nyaman. Soal harga, seperti yang disebutkan di awal, tentu sedikit berbeda di banding lainnya.

Harga baru motor ini juga masih di angka Rp 37 juta. Sedangkan untuk harga second, masih bertahan di angka Rp 13-16 jutaan bergantung kondisi.

Salah satu bagian yang hanya dimiliki oleh motor kopling di banding motor matik adalah kampas kopling. Tugasnya menyalurkan atau memutuskan tenaga mesin dari poros engkol ke transmisi.

Seandainya bermasalah, perfoma si ‘kuda besi’ bakal terganggu. Motor bisa selip ketika perpindahan gigi, mesin cepat panas, atau akselerasi mesin melemah.

Dilansir dari Mobil123.com, beberapa cara bisa anda lakukan untuk menjaga kampas kopling sang kuda jalanan tetap awet. Cara tersebut di antaranya adalah dengan menjaga putaran mesin motor, jangan setengah-setengah menahan kopling motor, gap antara tuas dan handle tidak terlalu jauh, da mengganti oli maupuan filter mesin secara rutin. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga