5 Masalah Seks yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 28 Agustus 2023
0 dilihat
5 Masalah Seks yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya
Masalah seks bisa bermacam-macam, mulai dari hilangnya gairah seks hingga sakit saat penetrasi. Foto: Repro Kompas.com

" Hilangnya gairah seks atau libido bisa menyebabkan stres dan masalah dalam hubungan "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski seks dikenal sebagai aktivitas yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan biologis, beberapa pasangan tak jarang mengalami gangguan atau masalah dalam hubungan seksnya.

Dengan mengetahui masalah seks yang terjadi, kita bisa dengan mudah menemukan cara mengatasinya. Berikut beberapa masalah seks yang umum terjadi dan cara mengatasinya, dilansir dari Kompas.com dan CNNIndonesia.com.

1. Hilangnya gairah seks

Hilangnya gairah seks atau libido bisa menyebabkan stres dan masalah dalam hubungan. Namun jika terjadi secara terus-menerus, hal ini bisa memicu stres dan masalah dalam hubungan.

Mengatasi masalah libido tergantung pada kondisi yang mendasarinya. Jika libido rendah disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasarinya, Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

2. Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi terjadi saat tak cukup darah yang mengalir ke penis untuk ereksi. Kondisi ini dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, olahraga yang rutin, tidur yang cukup dan mengelola stres.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Ini, Gairah Seks Pria di Ranjang Meningkat

Jika disfungsi ereksi tak membaik, konsultasikan ke dokter. Dokter akan meresepkan pengobatan yang memacu peningkatan aliran darah ke penis seperti viagra atau memodifikasi hormon jika ditemukan penurunan hormon.

3. Ejakulasi dini

Ejakulasi dini terjadi saat penis mengalami orgasme lebih cepat dari yang diinginkan. Kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa pengobatan seperti benzokain atau lidokain dan antidepresan. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

4. Gangguan orgasme

Gangguan orgasme terjadi saat seseorang kesulitan mencapai orgasme. Masalah ini bisa diatasi dengan berkomunikasi bersama pasangan untuk mencapai orgasme bersama. Cari tahu penyebab orgasme untuk mengatasi persoalan ini.

Baca Juga: Hindari 7 Kebiasaan Ini Jika Tak Mau Gairah Seks Drop

Tanyakan pada pasangan titik-titik sensitif yang bisa dirangsang untuk mencapai orgasme. Jika orgasme tetap tak bisa dicapai, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter maupun terapis seks.

5. Sakit saat penetrasi

Masalah seks yang juga sering terjadi adalah kesakitan saat penetrasi. Sakit saat penetrasi bisa terjadi karena endometriosis, infeksi, penyakit menular seksual, dan sebagainya. Anda bisa menggunakan lubrikasi untuk menambah cairan agar rasa sakit berkurang.

Jika rasa sakit tidak berkurang, periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga