9 Manfaat Kacang Hijau yang Sayang Dilewatkan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 28 Agustus 2022
0 dilihat
9 Manfaat Kacang Hijau yang Sayang Dilewatkan
Banyak studi menyebutkan bahwa konsumsi kacang hijau berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung. Foto: Repro alodokter.com

" Kacang hijau termasuk suku polong-polongan yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID – Salah satu makanan yang mengandung banyak manfaat adalah kacang hijau. Apalagi kacang-kacangan satu ini bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti bubur atau sup.

Dikutip dari Wikipedia, kacang hijau (vigna radiata) adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi.

Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

Mengutip dari hellosehat.com dan alodokter.com, berikut beberapa manfaat kacang hijau yang sanyang untuk dilewatkan:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Plak pada pembuluh darah dan kolesterol darah yang tinggi merupakan dua penyebab utama penyakit jantung. Kabar baiknya, banyak studi menyebutkan bahwa konsumsi kacang hijau berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung.

Antioksidan vitexin dan isovitexin pada kacang hijau dapat menghambat penyerapan kolesterol serta pembentukan jaringan lemak.

Selain itu, antioksidan juga melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas dan penumpukan plak.

2. Menurunkan kolesterol

Kacang hijau ternyata memiliki manfaat bagi penderita penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Zat antioksidan di dalamnya dapat membantu menurunkan kolesterol total serta low-density lipoprotein (LDL) dan trigliserida yang merupakan kolesterol jahat.

Para ahli menduga bahwa antioksidan pada kacang hijau mungkin memicu produksi empedu, cairan yang menguraikan lemak dan kolesterol pada proses pencernaan. Zat ini tampaknya juga mencegah pembentukan timbunan lemak pada tubuh.

3. Manfaat kacang hijau pada penyakit hati

Hati dapat mengalami kerusakan akibat infeksi virus, konsumsi alkohol, dan sejumlah penyakit. Namun, sebuah studi dalam jurnal Nutrients menyebutkan bahwa konsumsi kacang hijau mungkin dapat menurunkan risiko kerusakan pada hati.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Kacang hijau ternyata memiliki efek melindungi hati dari kerusakan akibat peradangan dan penumpukan lemak. Pemberian suplemen kacang hijau juga terbukti mengurangi aktivitas enzim hati yang menjadi penanda adanya kerusakan pada organ ini.

4. Menurunkan tekanan darah

Protein pada kacang hijau ternyata tidak hanya membantu membentuk otot, tapi juga memiliki khasiat bagi penderita hipertensi. Para ahli mengungkapkan bahwa protein ini dapat menghambat kerja angiotensin converting enzyme (ACE).

ACE adalah enzim yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Banyak obat hipertensi bekerja dengan menghambat fungsi enzim ini. Usut punya usut, protein tertentu pada kacang hijau juga dapat bekerja dengan cara yang sama.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kacang hijau kaya akan polisakarida, yakni jenis karbohidrat kompleks dengan serat yang tinggi. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa polisakarida yang diambil dari kacang hijau punya manfaat mengaktifkan sel darah putih yang disebut makrofag.

Selain itu, ada pula kandungan fitonutrien (zat kimia alami tumbuhan) yang bekerja sebagai zat antibengkak. Fitonutrien pada kacang yang berkerabat dengan kedelai ini mampu menetralkan bakteri, virus, dan mikroba lainnya yang menyebabkan infeksi.

6. Manfaat kacang hijau untuk PMS

Hormon yang naik-turun sebelum menstruasi dapat menimbulkan gejala PMS. Selain dengan minum obat, Anda pun dapat mengatasi hal ini dengan mengonsumsi kacang hijau. Ini karena kacang hijau tinggi akan vitamin B1, vitamin B2, dan folat.

Beberapa penelitian menemukan bahwa suplemen vitamin B dan folat bisa meredakan gejala PMS. Ini mungkin karena keduanya adalah bahan pembentuk zat kimia pada otak yang berperan dalam mencegah timbulnya gejala PMS.

7. Berpotensi mencegah kanker

Banyak studi terdahulu menemukan kaitan antara konsumsi kacang-kacangan dengan manfaat menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Manfaat ini mungkin berasal dari kandungan protein, peptida, dan asam fenolat seperti yang ada pada kacang hijau.

Baca Juga: 7 Manfaat Menghirup Udara Pagi Hari

Ketiganya berpotensi mencegah pembentukan serta penyebaran kanker pada sistem pencernaan, payudara, dan sel darah putih. Pemberian ekstrak kacang hijau juga dapat mencegah pembentukan pembuluh darah yang menjadi jalur makanan bagi sel kanker.

8. Mengurangi risiko kehamilan bermasalah

Kandungan folat yang terdapat di dalam kacang hijau cukup tinggi. Oleh karena itu, kacang hijau dianggap baik untuk wanita yang merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan.

Mencukupi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan dapat memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, berat badan lahir rendah, atau lahir dengan kelainan saraf dan otak (neural tube defect).

9. Melancarkan pencernaan

Kacang hijau dikenal kaya akan serat dan pati. Kedua kandungan tersebut diketahui dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan melancarkan saluran pencernaan. Bahkan, kacang hijau juga diketahui efektif untuk meredakan gejala asam lambung. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga