Aplikasikan Ilmu saat Kuliah, Pemuda Ini Sukses Buka Usaha Jamur Tiram

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 08 Februari 2022
0 dilihat
Aplikasikan Ilmu saat Kuliah, Pemuda Ini Sukses Buka Usaha Jamur Tiram
Villa mushroom agrisurvive milik Muhammad Ashabul Yani yang kini dikelola sang adik. Foto: Nur Khumairah Sholeha Hasan/Telisik

" Meski beberapa kali gagal membudidayakan jamur tiram, pemuda ini akhirnya berhasil dan kini sukses membuka usaha "

KENDARI, TELISIK.ID - Siapa bilang pemuda tak bisa sukses. Karena ternyata kesuksesan tergantung pada kemauan, usaha atau kerja keras dan tentu saja nasib baik. Hal itu sudah dibuktikan oleh Muhammad Ashabul Yani.

Berbekal latar belakang pendidikan sebagai alumni Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo, Muhamad Ashabul Yani awalnya hanya ingin mempraktikkan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah dengan membuka usaha budidaya jamur tiram.

Sempat mencoba beberapa kali tetapi sering gagal, tak membuatnya patah semangat. Dia tak berhenti mencoba. Hingga akhirnya dia berhasil melakukan budidaya jamur tiram.

Setelah merasa usaha budidaya jamur tiram yang dimilikinya sudah berkembang dengan baik, dia memberikan usaha ini pada adiknya untuk diteruskan. Sedangkan dia fokus bekerja di perusahaan tambang yang ada di Konawe Utara.

"Sekarang saya yang lanjutkan usaha kakak, karena sekarang sudah tahu tata cara budidaya jamur tiram," ujar sang adik, Abdul Muis Agil pada Telisik.id, Senin (7/2/2022).

Kini, dia juga memiliki usaha kuliner yang produk utamanya berbahan dasar jamur. Usaha yang berlokasi di Jalan Martandu, Lorong Ganesha, depan Masjid Nurul Halim ini sudah memiliki brand sendiri.

"Jamur yang saya kembangkan, selain untuk dijual mentahnya, saya juga jual dalam bentuk makanan jadi yaitu jamur krispi dengan nama brand Japry," ujarnya.

Baca Juga: Sabar Bun, Harga Minyak Goreng di Pasar Tradisional Kota Kendari Masih Mahal

Per hari, dia bisa memanen sekitar 3 kg jamur tiram dengan harga per kilonya Rp 40 ribu. Atau Rp 10 ribu per 250 gram.

Seorang pembeli jamur krispi miliknya, Husnul Khotimah, mengaku sangat menyukai jamur krispi produksi Japry.

"Jamur krispinya enak, murah lagi, worth it harganya sesuai kantong mahasiswa," ungkapnya.

Baca Juga: Tertarik Miliki Bisnis Frozen Food, Pyrameat N Frozen Hadir di Kendari

Pembeli lain yang membeli jamur mentahan, Marsella, juga menyukai jamur tiram mentah yang dijual Muis Agil karena segar dan lembut di mulut. (A)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani HambaliĀ 

Baca Juga